Wednesday, September 4, 2013

Triple Chocolate Caramel Cake (TCCC)

Hari ini adalah hari lahir mama alias yangtinya krucils. Ga ada acara apapun tapi ingin membuatkan cake untuk beliau. Sebenarnya beliau mengklaim kalau ingin mengurangi makan yang kandungan gula dan kolesterolnya tinggi, tapi ga nolak juga kalau dibikinin ^_^

Awalnya ingin bikin japanese cheese cake tapi nyari krimcis ga nemu akhirnya pilihan jatuh ke TCCC alias Triple Chocolate Caramel Cake yang tersohor dengan rasa nyoklatnya. Rencana awal mau ditopping buah-buahan segar yaitu kiwi, stroberi, anggur hijau dan jeruk/peach kaleng tapi...oh tapi...krn belanjanya mepet (kemarin sore pulang kerja dong!) di Giant cuma ada stroberi, hu..hu..hu..beneran kosong melompong rak bagian buah kaleng, kiwi dan anggur ga ada, stroberi pun tinggal sekotak yang masih segar. Yo wis lah ambil stroberi sama buah naga aja!

Resep TCCC saya dapatkan dari blognya mbak Ricke tetapi komposisi bahannya saya konversi menyesuaikan ukuran loyang di rumah.




Triple Chocolate Caramel Cake
Resep asli: teh Uceu

Bahan:
10 butir telur
150 gr gula pasir
1 sdm emulsifier --> saya skip
140 gr tepung terigu
60 gr coklat bubuk
75 gr DCC --> saya pakai coklat coverture
100 gr margarin cair

Cara membuat:
1. Dalam sebuah wadah, lelehkan margarin, tambahkan DCC yang sudah dipotong kecil-kecil, tim sampai meleleh, sisihkan.
2. Ayak tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata, sisihkan.
3. Kocok gula dan telur dengan mikser kecepatan tinggi sampai pucat dan mengembang, turunkan kecepatan mikser ke posisi paling rendah, masukkan campuran terigu dan coklat bubuk sedikit demi sedikit, mikser sampai rata, matikan mikser.
4. Masukkan campuran margarin dan DCC leleh ke dalam adonan, aduk balik sampai rata.
5. Tuang ke dalam loyang berdiameter 20 cm tinggi 4 cm, bagi menjadi 3 bagian (karena saya hanya menggunakan 2/3 resep, jadi hanya membutuhkan 2 loyang diameter 20 cm). Oven dengan suhu 170ÂșC sampai matang. Keluarkan dari loyang, dinginkan.

Ganache coklat

Bahan:
500 ml fresh cream --> saya pakai 200 gr Whipcream bubuk + 400 ml susu UHT aduk rata
500 gr DCC
75 gr butter

Cara membuat:
1. Panaskan fresh cream dengan api kecil sampai mendidih, matikan api.
2. Masukkan potongan DCC dan butter, aduk terus sampai semua DCC dan butter leleh dan rata dengan fresh cream.
3. Dinginkan. Bisa langsung dipakai setelah dingin, atau disimpan dulu dalam freezer semalaman kemudian dikeruk-keruk dan dikocok sebentar agar ganache lebih lembut, selanjutnya siap dipakai.

Caramel Syrup

Bahan:
100 gr gula pasir
50 ml air 1
100 ml air 2

Cara membuat:
1. Masukkan gula pasir dan air 1 ke dalam panci, masak dengan api kecil sampai terbentuk caramel (warnanya coklat dan kental).
2. Masukkan air 2, aduk-aduk sampai caramel mencair kembali dan tercampur rata. Dinginkan.

Penyelesaian:
1. Siapkan selembar cake, siram dengan simple syrup (saya ga punya, jadi di skip), siram dengan caramel syrup, olesi dengan ganache sampai ketebalan kurang lebih 1 cm.
2. Tumpuk dengan lapisan cake yang kedua, siram lagi dengan simple syrup dan caramel syrup, olesi dengan ganache merata ke seluruh cake. Hiasi dengan buah segar. Sajikan.




Memang beneran nyoklat cake ini, kesukaan duo krucils...habis sarapan yang biasanya kenyang ga doyan apa-apa eeh ini masih sempet incip si TCCC, padahal kakak udah mau berangkat sekolah, hi..hi..hi..yang dibikinin kue ikut incip juga tapi ga berani banyak. 

Semoga mama senantiasa diberi kesehatan, keberkahan hidup dan tentunya semakin disayang anak dan cucu. Love you forever, mama!

Si TCCC ini saya sertakan pada even NCC chocolate weeks,  di even tersebut bertebaran resep beraroma coklat,  kalau merasa coklat maniak harus intip kesana.







No comments:

Post a Comment