Tuesday, June 18, 2013

Resep Aneka Pasta Homemade (Kopdar HHBF Surabaya ke-5)

Mie

Bahan:
1 kg tepung terigu protein tinggi, misalnya cakra kembar
2 butir telur
250 ml air
garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Semua bahan diuleni sampai rata. Giling dengan gilingan molen minimal 6x sampai tercampur dan tipis. Setiap kali 1 gilingan langsung dilipat dua dan digiling lagi, begitu seterusnya. Setelah minimal 6x penggilingan baru dipotong-potong
2. Kalau mau menghasilkan mie yang bewarna dan sehat, ganti airnya dengan blenderan sayuran, misalnya mie hijau menggunakan bayam, mie jingga menggunakan wortel, dsb.
3. Setelah digiling, bagi-bagi mie menjadi beberapa porsi, satu porsi minimal 100 gr. Masukkan ke dalam plastik, simpan didalam kulkas bisa awet selama 2-3 hari.
4. Jika akan dikonsumsi, mie tinggal direbus dan diberi bumbu sesuai selera

Kwetiau Gluten Free

Bahan:
100 gr tepung beras
75 gr tepung maizena
200 ml air panas

Cara membuat:
1. Campur kedua tepung, aduk rata. Tuang air panas sedikit demi sedikit sampai berbutir-butir, gunakan sumpit atau sendok kayu untuk mengaduk. Diamkan sampai adonan menjadi hangat.
2. Setelah hangat, uleni hingga kalis. Ambil sedikit adonan, gilas dengan rolling pin (atau penggiling kayu atau botol bekas yang sudah dicuci bersih), ketebalan sesuaikan dengan selera, jangan terlalu tipis agar tidak robek.
3. Iris dengan pisau lalu sisihkan.
4. Rebus setengah matang di air mendidih yang diberi sedikit minyak sayur. Setelah matang, saring dan gunakan sesuai selera.

Lasagna, Spaghetti, Farfalle

1 resep:
100 gr terigu : 1 butir telur
100 gr terigu : 2 kuning telur

Lasagna giling
100 gr terigu protein tinggi
2 kuning telur
1/2 sdt olive oil (minyak zaitun)
garam dan air secukupnya

Cara membuat:
Campur menjadi satu terigu, kuning telur, olive oil dan garam, tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Bulatkan adonan, tutup dengan cling wrap dan diamkan 45 menit. Pipihkan dan giling adonan, potong-potong sesuai selera

Kulit Lasagna Versi 2

Bahan:
1 butir telur
250 gr terigu protein sedang misalnya segitiga biru
2-3 gelas air, sesuaikan dengan konsistensi adonan
1/4 sdt garam

Cara membuat:
Kocok lepas telur, tambahkan terigu, garam dan air sedikit demi sedikit, aduk rata sampai adonan tidak bergerindil. Panaskan wajan teflon yang berbentuk kotak, tuang adonan, tunggu sampai terlihat matang dan bisa dikelupas, angkat, balikkan di piring.
Lakukan terus sampai adonan habis. Tebal tipisnya kulit lasagna tergantung selera, 1 resep ini bisa jadi 15-20 lembar kulit lasagna. Bisa disimpan di freezer, sebelumnya dibungkus terlebih dahulu dengan plastik cling wrap dan simpan diwadah tertutup rapat.

Pengawetan Mie dan Pasta

Untuk mie, bisa dilakukan dengan menggunakan oven. Letakkan mie pada tray oven dan panggang pada suhu rendah (kata bu narsum kemarin pada suhu 40ºC), kurang lebih selama 7 menit, lalu keluarkan mie dan masukkan ke dalam plastik dan diikat rapat atau menggunakan plastik yang ada sealer/perekatnya (mika klip)

Untuk pasta, agak lebih kompleks daripada mie, dikarenakan untuk mengawetkan pasta memerlukan mesin ekstraksi untuk mengeluarkan air dari pasta hingga hanya tersisa 10% dari total air pada pasta segar, lalu dikemas dan disimpan hingga bisa tahan selama 3 tahun. Namun untuk skala rumahan, untuk mengawetkan pasta, bisa menjemurnya terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam oven bersuhu rendah (kurang lebih 40ºC).

No comments:

Post a Comment