Monday, March 17, 2014

Cara Menyimpan Adonan Roti

Pas bikin roti boy homemade kemarin, prosesnya sempat terhenti karena saya harus nganter yangkungnya duo krucils ke rumah temannya di Surabaya. Kalau ke Surabaya ga mungkin sekedar antar yangkung dong, sekalian juga kami wisata kuliner*wiken waktunya libur masak!* jadi nyampe rumah pasti siang/sore.

Nah, untuk menyimpan adonan roti caranya sbb:
  1. Proofing adonan sampai mengembang 2x lipat. Lalu kempiskan dan bulatkan.
  2. Siapkan plastik cling wrap, bungkus rapat adonan yang sudah dibulatkan dengan plastik cling wrap, sebaiknya didobel plastiknya biar ga sobek. 
  3. Taruh di dalam baskom besar jika adonan akan dipakai dalam waktu kurang dr 24 jam. Jika akan  disimpan lebih dari 24 jam, masukkan adonan yang sudah dilapisi cling wrap kedalam wadah kedap udara yang besar (misalnya tupperware) dan tutup rapat. Simpan didalam freezer.

Adonan akan tetap mengembang selama beberapa saat ketika didalam freezer tapi kemudian raginya akan tidur, sehingga proses mengembangnya berhenti. Jika adonan akan digunakan, keluarkan dari freezer, biarkan dalam suhu ruang (thawing) sampai tidak beku. Kempiskan adonan, lanjutkan dengan proses proofing kedua (dibagi-bagi dan didiamkan lagi sampai mengembang sebelum dipanggang).

No comments:

Post a Comment