Monday, January 4, 2016

Cinnamon Roll Dengan Metode Water Roux

Bismillahirrahmanirrahim...
Mengawali tahun 2016 dengan postingan roti lagi. Yaa saya memang akhir-akhir ini lagi demen banget sama cinnamon roll, meski serumah ga ada yang sedoyan saya. Pak suami dan anak-anak hanya incip-incip beberapa potong.

Sudah beberapa kali mencoba metode water roux, saya akhirnya jatuh cinta dengan metode ini. Meski awalnya susah untuk mendapatkan kondisi kalis elastis karena adonan lebih lembek dari resep NCC yang biasa saya pakai, sekarang sudah nemu takaran yang pas. Oiya, roti dengan metode water roux atau tangzhong ini tetap empuk meskipun sudah disimpan 3 hari di Tupperware.

Baking hari minggu kemarin berjalan mulus, eh tapi saya lupa ga ngecilin apinya, disambi-sambi juga, akhirnya Cinnamon roll saya agak over baked alias gosyong, wkwkwk.



Cinnamon Roll
Resep asli: Hesti HH

Bahan water roux:
50 gr tepung terigu protein tinggi --> saya pakai tepung Cakra
250 ml air

Bahan roti:
300 gr tepung terigu protein tinggi
300 gr tepung terigu protein sedang
11 gr ragi instan
200 gr water roux
150-170 ml air hangat (kira-kira)
120 gr gula pasir
2 sdm susu bubuk full cream
75 gr margarin
1 butir telur + 1 kuning telur
1 sdt garam

Bahan cinnamon glaze:
1 cup gula palem
1 cup mentega tawar
1 sdm bubuk kayu manis

Bahan-bahan dan langkah-langkah penmbuatan adonan sampai mengembang


Cara membuat:

  1. Water roux: dalam panci, campur air dan tepung terigu, aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental, jaga jangan sampai mendidih. Sisihkan sampai dingin.
  2. Cinnamon glaze: aduk rata gula palem, mentega, dan bubuk kayu manis. Sisihkan.
  3. Roti: tuang semua bahan kering, aduk rata. Tambahkan air, water roux, dan telur, uleni sampai rata. Tambahkan margarin dan garam, uleni sampai adonan menjadi kalis elastis. Jika adonan terlalu lengket bisa ditambahkan tepung maksimal sampai 50 gr (jangan terlalu banyak agar roti tidak menjadi keras).
  4. Tutup wadah adonan dengan plastik cling wrap, diamkan sampai mengembang 2 kali lipat.
  5. Siapkan meja datar, taburi dengan sedikit tepung diatasnya, gunakan untuk menggiling adonan.
  6. Kempiskan adonan, ambil separuh adonan, gilas tipis dengan rolling pin atau botol bekas sirup sampai membentuk segiempat, oleskan cinnamon glaze sampai rata ke seluruh permukaan adonan. Gulung memanjang adonan sambil agak dipadatkan, lumuri tangan dengan tepung agar adonan tidak lengket di tangan ketika menggulung.
  7. Potong-potong adonan menjadi beberapa bagian, tata di loyang bulat/persegi dengan tinggi 5-7 cm.
  8. Panggang dengan temperatur 180 der C, selama kurang lebih 25-30 menit.
  9. Sajikan selagi hangat.
ki-ka: adonan dioles cinnamon glaze, adonan digulung, adonan ditata di loyang
Meski agak gosong, rasanya tetep enak dan empuk, ada sensasi karamel dari gula palemnya karena agak mengeras, hehehe. Disajikan dengan cream cheese frosting akan terasa lebih nikmat, tapi mengingat kalorinya sudah cukup tinggi jadi kita skip saja.




#ODOPfor99days#day1

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete