Monday, March 17, 2014

Mexican Buns (Roti Boy Homemade)

Beberapa minggu ini saya malas baking, jadi anak-anak pun sering dibelikan snack-snack pabrik, karena mereka doyan ngemil.

Ga ingin anak-anak terus jajan snack, akhirnya hari minggu kemarin ibunya mulai lap-lap oven tangkring yang udah berdebu plus browsing resep. Selama ga baking, duo krucils paling seneng ngemil roti tawar, aneh ya? he..he..he...orang makan roti tawar untuk pengganti nasi, ini dimakan sebagai cemilan:-). Saya tawarin deh, mau dibuatkan roti tawar ga? mauu jawab mereka. Tapi eh tapi pas browsing melirik roti boy yang menul-menul sambil membayangkan wangi rotinya. Akhirnya pindah haluan bikin roti boy homemade tapi ada syarat tambahan dari duo krucils, roti boy-nya minta rasa keju, ok siap bos!

Resepnya saya nyontek dari blog mbak Duryatin Amal, sekalian nyoba resep roti pake metode water roux (tangzong starter).




Fresh from the oven

Mexican Buns (Roti Boy Homemade)
Resep asli: Duryatin Amal

Bahan roti:
- 250 gr terigu protein tinggi
- 50 gr terigu protein sedang
- 100 gr water roux/tangzong starter (100 ml air + 20 gr tepung protein tinggi)
- 2 kuning telur
- 90 ml air --> saya pakai air dingin
- 26 gr mentega
- 60 gr gula pasir
- 1 sdt ragi instan
- 1/4 sdt garam

Bahan isi:
mentega asin potong kotak-kotak kecil
keju cheddar parut

Bahan topping:
- 50 gr mentega tawar
- 50 gr gula halus --> sy pakai gula pasir diblender
- 1 butir telur
- 60 gr terigu protein rendah
- 15 gr susu bubuk
- 1 sdt kopi instant dilarutkan dengan 1 sdm air panas
- 1/2 sdt pasta moka

Cara membuat topping:
Kocok mentega dengan gula halus, sampai lembut, masukkan telur, kocok rata. Masukkan terigu dan susu bubuk, kocok rata. Tambahkan air kopi dan pasta moka, aduk rata. Masukkan dalam plastik segitiga, ikat ujungnya. Simpan didalam chiller kulkas sampai akan dipakai.

Cara membuat roti:
  1. Water roux/tangzong starter: masukkan terigu dalam panci kecil, tambahkan air, aduk dengan whisker sampai terigu larut (jangan ada yang bergerindil). Panaskan diatas kompor dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga adonan menjadi kental dan transparan. Segera matikan kompor bila sudah muncul letupan pertama, angkat panci dan aduk cepat. Dinginkan.
  2. Dalam sebuah baskom besar masukkan gula pasir, ragi instan, kuning telur dan air aduk rata sampai gula larut. Masukkan tangzong starter, aduk rata. Tambahkan garam, aduk rata.
  3. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula karet/sendok kayu, jika mulai padat uleni dengan tangan. Tambahkan mentega, uleni sampai kalis elastis. Tutup adonan dengan serbet basah atau plastik cling wrap, diamkan sampai mengembang 2x lipat ( 1-2 jam).
  4. Setelah mengembang, kempiskan adonan dan diuleni sebentar agar lembut lagi. Timbang adonan masing-masing 50 gr, isi dengan mentega dan keju parut, bulatkan, tata di loyang datar yang sudah diolesi margarin ( beri jarak antar adonan agar tidak saling menempel ketika mengembang). Diamkan selama 30 menit atau sampai mengembang.
  5. Panaskan oven 200°C. Adonan yang sudah mengembang disemprot dengan topping secara melingkar sampai 3/4 adonan. Panggang selama 15-20 menit atau sampai topping kering. Angkat dan sajikan.

Sudah disemprot topping dan siap masuk oven

Pas baru matang, wangi rotinya sama kayak di gerai roti boy itu. Oiya, yang versi asli isinya hanya potongan mentega, tapi karena krucils rikues rasa keju jadi saya tambahkan keju cheddar parut.


No comments:

Post a Comment