Wednesday, May 25, 2011

Urtikaria alias Biduran

Critanya tgl 18 Mei kemarin Afa diajak Mama dan Papa mudik ke Madiun. Eh..besoknya pas aku nelpon dapat laporan dari mama kalo Afa gatal-gatal di sekujur tangan dan kakinya. dirunut ke belakang Afa ga makan sesuatu yang baru, dan alhamdulillah selama ini ga ada alergi makanan tertentu, jadi bingung juga. Apalagi kata mama digaruk terus sampai bengkak, udah dicegah tapi susah (namanya anak kecil, ga tahan kalau sama gatal). baca-baca sharing di milis sehat, kayaknya gatalnya Afa termasuk urtikaria karena kata mama di Madiun lumayan dingin, apalagi kalau malam, sedangkan Gresik kan puanas buangettt (lebay.com) mungkin Afa alergi dingin, karena ga ada gejala lain yang menyertai cuma gatal-gatal aja.

Nyampe Gresik hari minggu tgl 22 Mei, langsung cek dan ricek tangannya dan kakinya, udah mulai memudar merahnya cenderung kehitaman, alhamdulillah dah lewat niy fasenya.

Menghadapi urtikaria hometreatmentnya cukup dijaga supaya tidak digaruk (yang paling susah niy!), hindari pencetusnya, boleh diseka dengan larutan NaCl, kalau udah terasa gatal sekali dan anak jadi rewel boleh diberikan CTM (dosisnya disesuaikan usia ya).

Oiya kalau mau browsing tentang urtikaria bisa dilihat di http://dermnetnz.org atau di www.mayoclinic.com

1 comment:

  1. waduuh afa mirip aku waktu kecil...suka biduran kalo pas mau hujan, dan ada orang nge-cat...ckckckckck... seneng dehh ketemu yuniaar disini. (dewi)

    ReplyDelete