Thursday, August 1, 2013

Kue Kering Selai Kacang

Saya salah satu member NCC, komunitas masak-memasak yg didirikan oleh bu Fatmah Bahalwan. Dan sering banget eksekusi resep beliau, selama ini selalu puas dengan hasilnya. Kali ini ingin eksekusi lagi resep bu Fat yang masih bertema cookies*dalam rangka memenuhi meja tamu dengan kue kering untuk lebaran*.

Buka-buka buku NCC nemu resep kue kering yang menggunakan selai kacang, ehhm looks yumm! Apalagi saya penggemar selai kacang, jadi kalau pun yang lain ga doyan, alhamdulillah! Jatahnya buat diri sendiri semua, hi..hi.hi..



Kue Kering Selai Kacang
Sumber: Buku Cake dan Cookies Anti Gagal NCC

Bahan:
250 gr tepung terigu kunci biru
100 gr gula halus
125 gr selai kacang halus
100 ml minyak goreng
1 sdm susu bubuk full cream
1/2 sdt garam
1 sdt mentega

Bahan olesan:
2 kuning telur, kocok lepas tambahkan 1 sdt susu cair.

Cara membuat:
1. Dalam sebuah wadah, aduk menjadi satu gula halus, selai kacang, susu bubuk, minyak goreng, garam dan mentega menggunakan spatula.
2. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula sampai rata.
3. Ambil adonan, timbang 8-10gr, bulatkan, tata di loyang datar. Panggang dengan suhu rendah sampai sudah tidak terlihat berminyak, keluarkan dari oven, polesi atasnya dengan bahan olesan, panggang lagi sampai matang.




Hasil panggangan saya ada yg gosong pantatnya satu loyang, ada juga yg polesannya mengelupas jadi ga terlihat cantik. Tapi dari segi rasa enak, begitu digigit langsung lumer di mulut. Oiya, menurut lidah saya dan mama agak kemanisan, jadi yang ga terlalu suka manis bisa dikurangi takaran gulanya.

No comments:

Post a Comment