Tuesday, July 30, 2013

Es Pisang Ijo

Bulan ramadhan biasanya identik dengan sajian berbagai minuman segar sebagai hidangan takjil. Saya sih ga tiap hari bikin takjil, seringnya malah cukup air putih atau teh manis, lanjut hajar menu utama, he..he..he..*pakai alibi masih menyusui, padahal bocah udah jarang nenen :D*

Dapat satu sisir pisang raja, akhirnya tercetuslah keinginan membuat es pisang ijo. Sebelumnya sudah pernah membuat, tetapi tidak memuaskan karena hasilnya keras ga lembut, mana bikinnya banyak bener, anak-anak dan suami ga ada yang mau, komentar suami waktu itu, "kok rasa pisang ijonya ga kayak yang beli?" T_T

Googling ke beberapa blog, terdampar di Just Try and Taste, testimoni dari pemilik blog dan pemberi komentar puas semua dengan hasilnya. Yo wis, bismillah...mari kita coba saja.



Es Pisang Ijo
Sumber: Just Try and Taste

Bahan pewarna pisang ijo:
200 gr daun pandan, potong-potong --> saya hanya dapat 50 gr, akhirnya pemakaian pasta pandan ditambah
500 ml air --> saya sesuaikan dengan berat daun pandan, sisa air dipake untuk melarutkan pasta pandan

Bahan pisang ijo:
15 buah pisang raja yang telah matang, kukus
200 gr tepung beras
200 gr tepung terigu
50 gr gula pasir
600 ml santan kental dari 1 butir kelapa
500 ml air pandan
3 tetes pasta pandan --> saya pakai 1/2 sdt

Bahan vla santan:
50 gr tepung beras
500 ml santan kental
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam

Pelengkap:
pecahan es batu
sirup cocopandan
susu kental manis
sagu mutiara

Cara membuat:
1. Pewarna pisang ijo: siapkan daun pandan yg sudah dipotong-potong, cuci hingga bersih. Blender bersama dengan air hingga halus. Saring dan peras, ambil sari pandannya. Ukur 500 ml untuk mewarnai adonan pisang ijo
2. Kulit pisang ijo: dalam sebuah wadah, masukkan tepung beras, tepung terigu, santan dan air sari pandan dan air larutan pasta pandan, aduk rata hingga tidak ada gumpalan. Jika ada gumpalan, saring adonan hingga halus.
3. Masukkan gula pasir, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang atau wadah tahan panas. Kukus selama 20 menit sampai adonan matang.
4. Angkat adonan dan uleni dengan sendok sampai adonan menjadi licin dan kalis.
5. Letakkan selembar plastic wrap di atas meja, olesi santan, ambil 3 sendok makan adonan, tipiskan, letakkan pisang diatasnya, gulung pisang dengan adonan sampai rapat, bentuk memanjang mengikuti bentuk pisangnya.
6. Siapkan selembar daun pisang, letakkan gulungan pisang, bungkus. Tata di kukusan. Kukus selama 15 menit. Angkat dari kukusan, dinginkan.
7. Vla santan: siapkan panci, masukkan semua bahan vla, aduk hingga halus dan larut. Masukkan daun pandan. Jerang vla diatas kompor dengan api kecil, aduk-aduk selama dimasak hingga adonan menjadi kental dan muncul letupan tanda vla telah mendidih dan matang

Penyajian:
Siapkan mangkuk, ambil sebuah pisang ijo yang telah dipotong-potong sesuai selera. Tata didalam mangkuk, siram dengan vla santan. Tambahkan es batu dan sagu mutiara kucuri sirup cocopandan dan susu kental manis.

Rasanya? Sluurp.. empuk dan enak! Pak suami habis tarawih minta nambah lagi, yippie!


Ada tangan mungil yang ga sabar pengin nyobain ^_^

No comments:

Post a Comment