Monday, October 28, 2013

Potato Buns

Alhamdulillah akhirnya kembali ke oven alias baking again...! Kali ini ingin membuat rerotian, gara-gara lihat foto menggiurkan rotinya asrida si juragan cupbitha, akhirnya berhasil mematahkan syndrome malas. Resep aslinya dari blog teh Ricke dan sempat booming di bulan september (terbukti pas searching di gugel udah banyak yang jatuh cinta dengan roti ini).




Rotinya empuk banget rasanya juga milky tapi ga eneg, kalo di blog teh Ricke diberi topping vla vanila atau isian selai sarikaya, berhubung masih ada sisa ganache di freezer, saya isi potato buns-nya dengan ganache.


Potato Buns
Resep asli: Teh Ricke

Bahan:
300 gr tepung terigu protein sedang
6 gr ragi instan --> saya pakai fermipan
10 gr susu bubuk full cream
65 gr gula pasir
1/2 sdt vanilla --> saya pakai vanili bubuk
100 gr kentang, kukus dan haluskan
1 kuning telur
125 ml susu UHT plain dingin
1/2 sdt garam
35 gr mentega/margarin

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, fermipan, gula pasir dan susu bubuk, aduk rata
2. Masukkan vanili bubuk, kuning telur dan kentang sambil diaduk rata. Tuangi susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan kalis. Hentikan penambahan cairan jika adonan sudah kalis.
3. Masukkan garam dan mentega/margarin. Uleni kembali sampai kalis dan elastis, permukaan adonan mulus.
4. Bulatkan adonan, tempatkan dalam wadah. Tutup dengan plastik cling wrap atau serbet lembab. Diamkan hingga mengembang dua kali lipat volume awal (45 menit - 1 jam, tergantung suhu ruangan).
5. Kempeskan adonan, uleni kembali sebentar agar mulus dan elastis kembali. Timbang adonan masing-masing sebanyak 40 gr, bulatkan dan diamkan 10 menit.
6. Pipihkan adonan, isi dengan ganache coklat (atau selai sarikaya atau bisa juga tanpa diisi). Bulatkan kembali adonan. Letakkan berjejer dalam loyang kotak ukuran 22x22x7 cm. Tutup dengan plastik cling wrap, diamkan kembali selama 30 menit.
7. Panaskan oven pada suhu kurang lebih 180ÂșC, olesi permukaan atas adonan dengan bahan olesan. Panggang selama 15 menit sampai matang atau sampai permukaan roti berwarna coklat keemasan. Keluarkan dari oven, olesi dengan mentega ketika masih panas.




Hasil potato buns saya ga coklat keemasan tapi coklat agak gelap, karena ovennya kepanasan (ga baking sebulan, jadi mesti kenalan lagi sama ovennya), tapi ga sampai gosong kok, he..he..he..Kemarin saya bikin dua resep, setelah dingin saya simpan di tupperware, dan pagi ini pas incip-incip tekstur rotinya masih lembut. Si duo krucils yang doyan roti tawar plain (tanpa olesan apapun), doyan banget si potato buns ini apalagi ada isian coklat ganache kesukaan mereka.

No comments:

Post a Comment