Monday, February 2, 2015

Muffin Pisang Coklat

Finally...apdet blog! Udah kelewat bulan Januari, ga pa-pa deh postingan 2015 diawali dari bulan Februari ^-^

Kali ini bikin muffin pisang coklat, bikinnya gara-gara ditodong Afa karena udah lama ibu ga bikinin kue buat mereka, tiap wiken skip masak apalagi baking, he...he...he..Selain faktor M alias malas juga faktor lemes bin ngantuk habis begadang nonton maraton drama Korea karena tidurnya kurang.

Bikin muffin ini pun karena masih ada sisa pisang cavendish di kulkas yang udah dari dahulu kala pas udah mulai menghitam berencana mau dibikin chiffon lah, banana cake-lah, ternyata berakhir dengan muffin yang tinggal aduk-aduk aja.

Resepnya nyontek dari mbak Ricke, takaran pisangnya kurang tapi tetap terasa aroma pisangnya. Hasilnya moist, pas udah dingin juga ga keras.




Muffin Pisang Coklat
Resep asli: http: Ricke

Bahan:
230 gr tepung terigu segitiga biru
1 buah pisang yang sudah menghitam kulitnya, lumatkan
30 gr coklat bubuk
200 gr gula pasir
2 butir telur berukuran besar
113 gr salted butter, lelehkan dan dinginkan --> jika pakai yang unsalted, tambahkan 1/4 sdt garam
1 sdt baking powder --> cuma pake 1/2 sdt
1 sdt soda kue --> cuma pake 1/2 sdt
1 sdt pure vanilla extract --> skip
Chocolate chips, secukupnya

Cara membuat:


  1. Dalam sebuah baskom besar, ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue, aduk rata. Masukkan gula pasir, aduk rata. Sisihkan
  2. Dalam sebuah mangkok, campur pisang yang sudah dilumatkan (tidak perlu terlalu halus) dan telur, aduk rata atau kocok sedikit dengan whisker. Tambahkan butter, aduk rata.
  3. Masukkan campuran pisang kedalam baskom yang berisi campuran tepung, aduk dengan spatula sampai rata dan jangan terlalu lama.
  4. Tuangkan ke dalam paper cup atau loyang cupcake yang sudah dialas cup sampai hampir penuh, taburi dengan chocolate chips diatasnya. 
  5. Panggang dengan suhu 200°C selama 30 menit atau sampai permukaan atas matang dan dites tusuk sudah tidak ada yang menempel di tusuk gigi.


Tips untuk membuat muffin *setelah beberapa kali membuat muffin, dan didinginkan suka jadi keras* adalah jangan mengaduk adonan terlalu lama, jika sudah tercampur rata segera tuang ke dalam cup.



No comments:

Post a Comment