Monday, June 15, 2015

Oreo Cheese Cake Dengan Lock & Lock Oven Glass

Ketagihan baking pakai Lock & Lock Oven Glass nih....karena ukurannya yang ga terlalu besar, jadi pas untuk porsi rumah tangga dengan dua krucils kayak saya. Kali ini mau bikin oreo cheese cake, masih dalam rangka setoran untuk kompetisi "Mrs. Chef" yang diadakan atas kerjasama Lock & Lock Indonesia dengan grup HHBF (Homemade Healthy Baby Food). Cheese cake adalah salah satu cake kegemaran anak-anak, dan ternyata suami saya yang ga terlalu suka cake manis juga suka cheese cake. Tapii...berhubung harga bahan-bahannya ga murah, jadi sangat jarang saya bikin cake yang rasanya uenaak kayak es krim ini karena untuk membuat satu loyang bongkar pasang diameter 20 cm aja minimal membutuhkan 500 gr cream cheese.



Nah, berhubung saya sudah punya Lock & Lock Oven Glass dengan kapasitas 630 ml, ternyata pas untuk membuat satu resep oreo cheese cake yang hanya membutuhkan 250 gr cream cheese *maklum ya emak-emak irit, hehehe*



Cara membuatnya gampang, ga perlu ngembang...tapi ga bisa langung dinikmati, harus disimpan dulu dalam lemari es minimal 4 jam, ini yang bikin bete anak-anak, he..he..he...Pas udah matang, ga pakai ribet harus ditutup dulu pakai alumunium foil, sudah ada tutup boroseal dari Lock & Lock Oven Glass yang benar-benar kedap, jadi ga akan terkontaminasi bau makanan lain yang disimpan di dalam lemari es.

Oreo Cheese Cake
Resep asli: www.snackworks.com
Note: saya pakai 1/3 resep asli

Bahan:
14 keping oreo, pisahkan cream dan biskuitnya
1/4 cup butter/margarin, lelehkan
250 gr cream cheese, lembutkan pada suhu ruang
1/4 cup gula pasir
1/3 cup yoghurt plain
2 butir telur
1/4 sdt vanilla L'arome

Cara membuat:

Kiri: lapisan crust, kanan: setelah dituang adonan cream cheese, siap dipanggang


  1. Haluskan 10 keping oreo, sisanya 4 keping hancurkan kasar saja (untuk taburan). Aduk menjadi satu oreo yang sudah dihaluskan dengan mentega cair, sampai terbentuk adonan seperti pasta. Tuang pada Lock & Lock Oven Glass, padatkan sambil agak ditekan-tekan pada permukaan Lock & Lock Oven Glass, sisihkan.
  2. Kocok cream cheese dengan gula pasir sampai rata (saya pakai mikser kecepatan sedang), tambahkan yoghurt plain, vanilla dan cream oreo, kocok rata. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan kecepatan rendah sampai rata. Matikan mikser, tambahkan sisa oreo yang dihancurkan kasar, aduk asal tercampur saja.
  3. Tuang adonan cream cheese ke dalam Lock & Lock Oven Glass, oven selama 50 - 60 menit pada suhu 150°C, sampai terlihat tengahnya sudah set (tidak ada adonan yang cair). Matikan oven, keluarkan Lock & Lock Oven Glass dari dalam oven, dinginkan pada suhu ruang, setelah dingin tutup rapat, simpan di dalam lemari es minimal 4 jam. Sajikan selagi dingin.
Bikinnya pas malam-malam, jadi anak-anak bisa teralihkan tidur dulu, bangun tidur pagi-pagi udah nagih oreo cheese cakenya :-)



Proses memanggang cheese cake membutuhkan waktu yang cukup lama, meski dengan api yang tidak terlalu besar, namun tetap saja selama ini saya selalu pakai loyang stainless steel, tidak berani pakai pinggan tahan panas, nah setelah punya Lock & Lock Oven Glass ga perlu ragu lagi baking cheese cake dengan kapasitas kecil. Karena Lock & Lock Oven Glass terbuat dari bahan heat resistant glass yaitu Borosilicate yang terbukti aman dipakai pada temperatur tinggi dalam waktu yang lama, no worry about self explosion and shattering!


Tutupnya yang terbuat dari silikon yang tebal dan kuat namun tetap cantik dengan ornamen bunga, membuat makanan tetap terjaga keawetannya (standar awetnya makanan homemade yaa) dan anti bau tentunya.

Secara keseluruhan strong points dari Lock & Lock Oven Glass adalah sebagai berikut:

Tidak pecah sendirinya karena perubahan suhu
Lock & Lock Oven Glass aman dari pecah tiba-tiba meskipun pada suhu tinggi, kecuali jika mendapatkan tekanan dari luar.



Bisa digunakan dalam microwave, oven dan freezer
Bahan heat resistant glass aman digunakan baik pada suhu tinggi maupun pada suhu rendah sekaligus.

Berat lebih ringan dibandingkan tempered glass
Meskipun terbuat dari heat resistant glass yang cukup tebal, Lock & Lock Oven Glass tidak berat, bahkan lebih ringan 10% dibandingkan bahan tempered glass. Sehingga tidak akan menyebabkan pergelangan tangan kita nyeri ketika mengangkatnya dari dalam oven.

Suhu pada permukaan lebih rendah setelah digunakan dalam microwave ataupun oven
Hal ini disebabkan karena Lock & Lock Oven Glass mempunyai nilai permitivitas (yaitu kemampuan suatu benda dipengaruhi oleh medan listrik) yang rendah ketika digunakan didalam microwave ataupun oven.

Tetap bening meskipun disimpan dalam waktu lama
Hali ini disebabkan bahan Borosilicate mempunyai rasio Sodium oksida yang rendah, sehingga meskipun sering dicuci-pakai ulang bahan glass-nya tetap bening.



Oiya, kalaupun ga dipakai untuk baking atau mengukus makanan, bisa untuk wadah bekal makanan, jadi aroma makanan tidak terkontaminasi, karena terkadang kotak bekal dari plastik meski sudah dicuci bersih masih tercium aroma sisa makanan sebelumnya, kalau Lock & Lock Oven Glass ini cukup dicuci dengan sabun dan spons yang lembut, langsung hilang aroma menyengat dari masakan sebelumnya.

1 comment: