Thursday, June 11, 2015

Bread Pudding Dengan Lock & Lock Oven Glass

Alhamdulillah lolos tahap ke-2 kompetisi "Mrs. Chef" yang diadakan atas kerjasama Lock & Lock dengan HHBF. Senangnya ikut kompetisi ini adalah meskipun masih menjadi finalis tapi sudah mendapatkan produk baru Lock & Lock. Jika sebelumnya saya mendapatkan fry pan Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan yang terbukti ga cuma desainnya yang cantik tapi mempunyai banyak keunggulan dibandingkan fry pan lain, kali ini saya mendapatkan Lock & Lock Oven Glass, pas banget buat saya yang suka baking.



Lock & Lock Oven Glass ini fungsinya sama seperti loyang atau pinggan tahan panas yang biasa dipakai untuk baking menggunakan oven dengan temperatur minimal 150°C. Tapi yang membedakan adalah Lock & Lock Oven Glass menggunakan bahan heat resistant glass yang benar-benar aman dipakai ketika kita menggunakannya pada temperatur tinggi, bahkan bisa mencapai temperatur 400°C masih aman dipakai.



Secara keseluruhan bahan heat resistant glass yang dipakai adalah Borosilicate yang memiliki 5 keunggulan sebagai berikut:

Tidak pecah sendirinya karena perubahan suhu
Lock & Lock Oven Glass aman dari pecah tiba-tiba meskipun pada suhu tinggi, kecuali jika mendapatkan tekanan dari luar.

Bisa digunakan dalam microwave, oven dan freezer
Bahan heat resistant glass aman digunakan baik pada suhu tinggi maupun pada suhu rendah sekaligus.

Berat lebih ringan dibandingkan tempered glass
Meskipun terbuat dari heat resistant glass yang cukup tebal, Lock & Lock Oven Glass tidak berat, bahkan lebih ringan 10% dibandingkan bahan tempered glass. Sehingga tidak akan menyebabkan pergelangan tangan kita nyeri ketika mengangkatnya dari dalam oven.

Suhu pada permukaan lebih rendah setelah digunakan dalam microwave ataupun oven
Hal ini disebabkan karena Lock & Lock Oven Glass mempunyai nilai permitivitas (yaitu kemampuan suatu benda dipengaruhi oleh medan listrik) yang rendah ketika digunakan didalam microwave ataupun oven.

Tetap bening meskipun disimpan dalam waktu lama
Hali ini disebabkan bahan Borosilicate mempunyai rasio Sodium oksida yang rendah, sehingga meskipun sering dicuci-pakai ulang bahan glass-nya tetap bening.

Satu lagi nih keunggulan tambahan Lock & Lock Oven Glass, yaitu penutupnya terbuat dari silikon yang kuat, sehingga wadah menjadi kedap udara.

Tutup kedap udara dengan tekstur bunga yang cantik

Wah udah panjang ternyata perkenalan Lock & Lock Oven Glass-nya, sekarang kembali lagi ke dapur, kali ini saya membuat puding roti atau istilah kerennya bread pudding. Bahan maupun cara pembuatannya sangat mudah, tidak membutuhkan waktu lama dan rasanya lembut legit.

Puding roti merupakan resep yang tepat saat anggota keluarga sudah bosan makan roti tawar tetapi sisa roti tawar masih banyak, sebelum kadaluarsa diolah menjadi puding roti menjadi camilan manis yang disukai anak-anak.



Bread Pudding

Bahan:
8 lembar roti tawar, sobek-sobek atau potong-potong
400 ml susu UHT
2 butir telur, kocok lepas
80 gr gula pasir
50 gr margarin, lelehkan
1/4 sdt vanila L'arome--> bisa diskip atau diganti vanili
50 gr dried cranberry --> bisa diganti kismis
50 gr keju, potong kotak-kotak kecil

Cara membuat:

Kejunya ketinggalan ga kefoto :-D


  1. Dalam sebuah baskom aduk menjadi satu susu UHT, telur, gula pasir dan vanila L'arome sampai gula larut. Masukkan roti tawar aduk rata dengan sendok sampai semua roti tawar terendam cairan. Diamkan selama 20 - 30 menit.
  2. Panaskan oven pada temperatur 180°C, olesi Lock & Lock Oven Glass dengan margarin, tipis-tipis saja.
  3. Setelah adonan didiamkan 10 menit, masukkan margarin leleh, sebagian dried cranberry dan keju, aduk rata.
  4. Setelah 30 menit, tuang perlahan-lahan adonan puding kedalam Lock & Lock Oven Glass, taburi dengan sisa dried cranberry, panggang selama 15 - 20 menit sampai permukaan puding terlihat kecoklatan. Angkat, dinginkan pada suhu ruang, simpan di lemari es. Sajikan ketika dingin.

Sebelum masuk oven

Untuk menyiasati rasa buah dried cranberry maupun kismis yang terlalu manis, saya tambahkan potongan keju yang disukai anak-anak. Jika kurang suka manis, takaran gula juga bisa dikurangi. Puding roti ini resepnya benar-benar ga ribet, bisa disesuaikan dengan lidah kita. Jangan lupa ketika menyimpan di lemari es ditutup dulu agar aroma wangi puding roti tidak berbaur dengan aroma ayam atau ikan, hehehe...


Bahan Borosilicate jauh lebih aman jika dibandingkan dengan bahan tempered glass, apalagi jika kita masih mempunyai anak balita di rumah, yang terkadang aktivitasnya yang tinggi menyebabkan beberapa peralatan dapur kita menjadi pecah. Nah Borosilicate ini jika pecah tidak akan hancur berkeping-keping seperti bahan tempered glass, karena tidak mengandung bahan nikel sulfida *duuh saya lulusan Kimia tapi jujur benar-benar udah lupa ikatan-ikatan Kimia, huehehe*. Ilustrasi gambar dibawah ini pas banget deh ngasih penjelasan tentang perbedaan Borosilicate dengan tempered glass.


Nah..nah...jadi pengin baking lagi deh pakai Lock & Lock Oven Glass. Oiya, kalau buru-buru mau berangkat kerja, Lock & Lock Oven Glass ini bisa langsung dibawa kekantor jika menyimpan makanan dari lemari es , nanti dikantor tinggal dipanasi sebentar di microwave.

No comments:

Post a Comment