Monday, June 15, 2015

Lasagna Bayam Dengan Lock & Lock Oven Glass

Postingan kedua menggunakan Lock & Lock Oven Glass untuk setoran kompetisi "Mrs. Chef" yang diadakan atas kerjasama Lock & Lock Indonesia dan grup HHBF (Homemade Healthy Baby Food) adalah lasagna bayam. Makanan asal negeri Italia sono yang jadi kegemaran keluarga saya setelah pizza. Kalau weekend saya teramat sangat malas masak, jadi cukup bikin one dish lasagna bayam ini untuk makan malam, sudah lengkap kandungan karbohidrat, protein dan sayurannya...plus lemak dari susu, hehehe.



Memanggang lasagna bayam tentu saja menggunakan Lock & Lock Oven Glass, pas deh porsi 2 pinggan Lock & Lock Oven Glass untuk sekeluarga saya, nyisa dikit banget saya pakai untuk sarapan pagi ini. Untuk resepnya sebenarnya sudah pernah saya posting disini, tapi saya tuliskan ulang saja ya, dengan komposisi setengah dari resep asli bu Fatmah.

Ada sedikit insiden pas mau bikin lasagna bayam ini, jadi ceritanya saya punya stok 1 pak lasagna sheet, disimpen di laci plastik tempat biasa nyimpen bahan kering saya satukan dengan minyak goreng dalam botol, eh ternyata minyak gorengnya bocor, jadi rembes ke dalam kemasannya lasagna, dan lembaran lasagnanya jadi jamuran, huhuhu...akhirnya terpaksa bikin kulit lasagna abal-abal pakai resep kulit risoles.



Lasagna Bayam
Resep asli: Fatmah Bahalwan
Porsi: 2 pack Lock & Lock Oven Glass 630 ml

Bahan:
1/2 pak lasagna sheet --> saya pakai 12 lembar kulit risoles
2 ikat bayam, siangi, rebus sebentar, tiriskan

Saus Bologneise:
200 gr daging giling
180 gr pasta tomat
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 butir bawang bombay, cincang kasar
50 ml air
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt lada
1 sdt oregano
1/2 sdt basil
1/2 sdt rosemary

Saus Putih:
50 gr tepung terigu
2 sdm margarin
500 ml susu UHT
50 gr keju cheddar, parut
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada

Bahan taburan:
50 gr keju quick melt kraft, parut

Cara membuat:

  • Saus bologneise:
Proses pembuatan saus bologneise, searah jarum jam (dimulai dari kiri atas).

  1. Panaskan minyak goreng/margarin diatas Lock & Lock E-Cook Deco Frypan, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan daging giling, aduk cepat agar tidak bergerindil, tumis sampai berubah warna.
  2. Masukkan pasta tomat, aduk rata, tunggu sampai meletup-letup, tambahkan air, aduk rata. Tambahkan garam, gula pasir, lada, oregano, basil dan rosemary, aduk rata. Masak sampai daging rata dan saus kental.
  • Saus putih: Setelah dipakai untuk membuat saus bologneise, lap bersih Lock & Lock E-Cook Deco Frypan, gunakan untuk melelehkan margarin, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat agar tidak menggumpal. Tambahkan susu UHT sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Masukkan keju cheddar parut, garam dan lada, aduk terus sampai saus mengental, matikan api.
Proses penyusunan lasagna, searah jarum jam (dimulai dari kiri atas).

  • Penyelesaian: siapkan Lock & Lock Oven Glass, olesi dengan margarin tipis-tipis, letakkan lembaran lasagna (saya pakai 2 lembar kulit risoles), tuang saus bologneise sambil diratakan, susun bayam diatasnya, tuang saus putih sambil diratakan. Ulangi lagi proses penyusunan, sampai lapisan teratas ditaburi dengan keju Quick melt. Panggang dengan api sedang selama 20 - 25 menit, sampai terlihat kecoklatan pada lapisan paling atas. Sajikan selagi hangat.

Kiri: sebelum dipanggang, kanan: fresh from the oven
Setelah matang, sambil nunggu ibunya foto-foto itu tangan duo krucils udah colak-colek lasagana, ga sabar mau mengincipi. Sisa yang tidak termakan tinggal ditutup dengan tutup boroseal-nya, simpan dikulkas, pas mau dimakan tinggal buka tutupnya langsung masuk microwave deh.




Lock & Lock Oven Glass ini keren banget, setelah disimpan di kulkas kan saus bologneisenya lengket-lengket di dinding pinggan tapi pas dicuci gampang membersihkannya, cukup pakai spons yang lembut dan sabun cuci, langsung kesat dan kinclong lagi.

Tidak perlu takut juga dengan keamanan Lock & Lock Oven Glass, terbuat dari bahan heat resistant glass yaitu Borosilicate yang terjamin aman dipakai dalam oven bahkan sampai temperatur 400°C tidak akan pecah di dalam oven. 



Trus kalau nih misalnya anak-anak ga sengaja nyenggol dan terjatuh ke lantai, Lock & Lock Oven Glass ini tidak akan langsung pecah berkeping-keping seperti pinggan yang terbuat dari tempered glass sehingga insya Allah tidak akan melukai anak-anak.



Selain itu, Lock & Lock Oven Glass ini juga ga berat, heat resistant glass lebih ringan dari bahan tempered glass. Oven saya kan model tangkring diatas pohon eh kompor, jadi kalau mau ngangkat dari oven kadang suka minta bantuan pak suami buat pegang pintu ovennya sementara saya ngangkat pinggannya. Nah dengan Lock & Lock Oven Glass cukup pakai satu tangan sanggup buat nahan bebannya si lasagna bayam.

Setelah mendapatkan Lock & Lock Oven Glass langsung saya pakai beberapa kali, jadi akhirnya cuci-pakai berulang, tapi tetep aja kinclong, ga jadi buram...apalagi setelah bikin lasagna yang lemaknya lumayan banyak yang nempel. Banyak lagi deh kelebihan-kelebihan Lock & Lock Oven Glass berbahan dasar heat resistant glass ini, bisa dilihat disini:



Jadi...jadi...silahkan berburu Lock & Lock Oven Glass di supermarket besar terdekat rumah anda, dijamin ga nyesel, tampilan tutupnya cantik, wadah pinggannya juga keren.





No comments:

Post a Comment