Monday, January 25, 2016

Cireng Bayam

Tanggal tua gini emang harus lebih cermat dalam perhitungan pengeluaran. Bukan berarti cemilan ditiadakan, tapi disiasati dengan membuat cemilan ekonomis alias cukup dengan menggunakan bahan-bahan yang biasa ditemui di toko kelontong.

Kali ini saya membuat cireng bayam, hampir sama dengan cireng pada umumnya hanya saja saya tambahkan dengan seikat bayam pada adonannya. Sebenarnya ide penambahan bayam ini datang tanpa sengaja. Setelah melongok-longok isi kulkas ternyata ga nemu daun bawang ataupun seledri, hanya ada bayam, yo wis lah dicemplungin aja sekalian.



Cireng Bayam


Bahan:
200 gr tepung kanji atau tapioka
200 gr tepung terigu protein sedang
1 ikat bayam, disiangi dan rebus sebentar saja (jangan sampai lembek)
8 siung bawang putih, dihaluskan
400 ml air
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdt merica bubuk
1 sdm margarin
keju parut secukupnya untuk isian

Cara membuat:


  1. Siapkan baskom, masukkan tepung kanji dan tepung terigu, aduk rata. Tambahkan bayam yang sudah dipotong-potong kasar, aduk rata lagi, buat lubang ditengahnya. Sisihkan
  2. Siapkan panci, masukkan air, bawang putih halus, garam, gula, merica halus, margarin, aduk rata. Nyalakan kompor, masak campuran tersebut sambil diaduk-aduk sampai mendidih.
  3. Tuang campuran rebusan air kedalam tepung, sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula. Jika adonan mulai terasa liat, bisa diuleni menggunakan tangan sampai tercampur rata.
  4. Ambil satu genggam adonan, bulatkan kemudian isi dengan parutan keju. Lakukan terus sampai semua adonan habis. Jika terasa lengket ditangan, lumuri tangan dengan tepung kanji.
  5. Siapkan minyak panas, goreng adonan cireng dengan api sedang sampai kedua sisi berwarna kecoklatan. Sajikan selagi hangat dengan cabe rawit.

Adonan cireng sebelum dan sesudah dibulatkan dan diisi keju parut

Ehmm...udah siap disantap nih

Oiya, jika masih ada sisa adonan bisa disimpan di chiller, saya hanya memasukkan ke wadah Lock&Lock yang ditaburi sedikit tepung kanji agar tidak lengket diwadahnya. Selamat mencoba :-)



#ODOPfor99days#day5

No comments:

Post a Comment