Monday, December 16, 2013

Es Krim Mangga Homemade

Alhamdulillah pohon mangga yang ditanam oleh Papa saya di depan rumah,  untuk pertama kalinya menghasilkan buah yang cukup banyak. Beberapa matang di pohon,  sehingga rasa manisnya benar-benar asli. Sebagian besar buahnya dipetik ketika masih setengah matang,  biar ga keduluan sama orang-orang usil yang melintas di depan rumah. Ok,  harusnya diikhlaskan saja,  tapi tahun kemarin (dan 2 tahun sebelumnya) di saat hanya ada beberapa bunganya yang berkembang menjadi buah, akhirnya jadi rejekinya para pejalan kaki/pengendara motor yang melintas. Jadi baru tahun ini bisa merasakan buah mangga dari pohon milik sendiri.

Biasanya mangganya dimakan langsung,  saya sendiri lebih suka yang setengah matang,  karena rasanya tidak terlalu manis. Tapi tiap hari makan mangga,  lama-lama saya dan anak-anak bosen juga (kalau ayahnya sih masih lahap-lahap aja,  he..he..he..). Selain itu juga ada beberapa yang sudah sangat matang,  daripada jadi busuk akhirnya saya olah menjadi es krim. Blogwalking resep es krim, nemu yang paling simple dan hasilnya lembut.



Es Krim Mangga Homemade
Resep asli: Just Try and Taste

Bahan:
200 gr whipping cream bubuk --> saya pakai merk Han
400 ml air es
400 gr mangga yang sudah matang, blender halus
2 sdm madu
1 buah jeruk nipis,  belah,  peras airnya

Cara membuat:

  1. Dalam sebuah baskom,  kocok whipped cream bubuk dan air es dengan mikser kecepatan tinggi sampai soft peak (mengembang dan halus,  jangan over mix,  karena bisa pecah whipped creamnya dan jadi memisah lemaknya). Sisihkan
  2. Masukkan air jeruk nipis dan madu kedalam  mangga yang sudah diblender,  aduk rata.
  3. Pindahkan whipped cream kocok ke dalam wadah bersih dan ada tutupnya,  tuangkan mangga,  aduk sampai mangganya merata. Jangan mengaduk terlalu lama agar whipped cream tidak meleleh,  mengaduknya bisa dibantu dengan mikser kecepatan rendah,  tetapi sebentar saja.
  4. Tutup wadah tsb,  simpan di dalam freezer minimal 4 jam,  keluarkan dari freezer,  keruk-keruk menggunakan es cream scoop,  taruh dalam mangkuk atau gelas,  sajikan.



Kalau di resep asli blog Just Try and Taste ada penambahan susu kental manis,  saya sendiri tidak pakai,  dan inipun udah menghasilkan es krim yang cukup manis.

2 comments: