Monday, December 2, 2013

Simple Pancake

Alhamdulillah akhirnya masuk bulan Desember, penghujung bulan tahun 2013. Semoga hujan yang turun hampir tiap hari di bulan November akan berlanjut di bulan Desember ini dengan membawa keberkahan*pokoknya jangan sampe bikin rumah banjir, he..he..he..*.

Bulan November kemarin diakhiri dengan family gathering kantor ayah. Sebenarnya acaranya cuma di hotel, tapi kita mampir dulu ke Jatim Park 2 sebelum ke hotel karena dik Thia belum pernah kita ajak kesana. Alhamdulillah duo krucils seneng, meskipun dua-duanya kucing-kucingan menghindari badut:-D

Balik lagi ke judul postingan, kali ini bikin pancake yang simple alias sederhana karena si ibu lagi males baking (sebenarnya males nyuci alat-alat perang bekas baking). Resep ini dulu pernah dishare oleh teman saya Ully Nalurita, gampang banget dan bahannya juga ga neko-neko.

Simple Pancake

Bahan:
1 cup tepung terigu protein sedang
1 cup buttermilk abal-abal --> dari 1 cup susu UHT plain + perasan jeruk nipis
2 sdm butter, lelehkan
2 sdm gula pasir
2 butir telur
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Dalam satu wadah masukkan terigu, gula pasir, baking powder dan garam. Buat lubang ditengah, tuang buttermilk sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan whisker.
2. Masukkan telur satu persatu sambil adonan terus diaduk.
3. Masukkan butter sambil diaduk rata, sampai adonan menjadi licin dan tidak bergerindil.
4. Panaskan wajan pancake/teflon dengan api kecil, ambil satu sendok sayur adonan tuang ditengah wajan, biarkan sampai tidak ada adonan yg masih basah, kemudian balik. Goreng sampai warnanya menjadi coklat rata (well, punya saya banyak yang agak gosong pinggirannya).
5. Angkat, letakkan diatas piring. Masih panas-panas, olesi dengan butter, madu atau selai sesuai selera

No comments:

Post a Comment