Monday, December 23, 2013

Karipap Pusing

Baru tau nama kue ini pas lihat ada monthly event ke-29 Pawon Ibu,  kalau lihat bentuknya sekilas mirip pastel,  tapi tekstur kulitnya berlapis-lapis dan rasanya lebih renyah. Aslinya si karipap pusing ini jajanan Malaysia,  jadi bahan isinya ada aroma kari,  tapi diisi ragout sayuran yang biasa untuk isian risoles juga enak.

Saya nyontek resepnya dari blog mbak Lia,  lengkap banget dengan step by stepnya,  jadi sangat mempermudah saya yang bahkan bikin pastel aja belum pernah,  he..he..he..

Karipap Pusing
Resep asli: Dapure Lia Ummu Aisy

Bahan:
A. 100 gr terigu protein tinggi
     68 gr terigu protein sedang
     60 gr mentega putih
     30 gr mentega/margarin

B. 300 gr terigu protein tinggi
     175 ml air dingin
     30 gr mentega/margarin
     1 sdt garam

Bahan isi:
200 gr fillet ayam,  potong kotak-kotak kecil
100 gr mix vegetables beku (males potong-potong sayuran,  he..he..he..)
2 siung bawang putih,  cincang halus
1 sdm bumbu kari

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan A,  uleni hingga kalis lalu bulatkan dan simpan di wadah tertutup
  2. Bahan B: campur terigu, mentega dan garam,  tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis (air tidak perlu ditambahkan semuanya jika adonan sudah kalis).
  3. Siapkan selembar plastik lebar (atau bisa memakai kertas roti) untuk dasar menggiling. Letakkan bahan B,  lalu giling tipis,  taruh bahan A ditengah-tengah bahan B,  lalu bulatkan,  sampai semua bahan A tertutupi oleh bahan B kemudian giling hingga tipis.
  4. Lipat hasil gilingan tsb,  kemudian tipiskan lagi. Ulangi proses melipat dan menipiskan sebanyak 2 kali. Setelah proses menipiskan yang terakhir,  gulung adonan memanjang (seperti menggulung bolu gulung),  kemudian potong-potong.
  5. Gilas adonan yang sudah dipotong,  isi dengan bahan isi (jangan terlalu penuh agar kulitnya tidak sobek ketika digoreng),  rapatkan pinggirannya. Goreng dengan api sedang sampai matang.
  6. Isi: tumis bawang putih sampai harum,  masukkan potongan ayam,  tumis sampai berubah warna,  tambahkan bumbu kari,  aduk rata,  masukkan sedikit air,  masak sampai airnya habis.



Hasil jadinya tidak rapi, harus sangat hati-hati ketika melipat kulit yang sudah terisi,  agar tidak sobek,  saat menggoreng juga jangan terlalu panas apinya,  agar karipap pusingnya tidak terbuka.

No comments:

Post a Comment