Sunday, January 26, 2014

Oreo Cheesecake

Dalam rangka milad pak suami yang ke-sekian,  membulatkan tekad untuk membuat baked cheesecake yang menghabiskan 1 kg creamcheese! Untuk orang yang ga mau rugi seperti saya,  membeli bahan kue yang harganya mahal harus menghasilkan kue yang sesuai diharapkan alias jangan sampe gagal,  hihihihi. Apalagi ini percobaan ke-2 membuat baked ciskek yang pakai loyang bongkar pasang,  yang mana percobaan pertamanya dulu gagal,  karena loyangnya bocor T_T*salah sendiri ga nyari dulu tips dan triknya*

Berbekal pengalaman pahit percobaan pertama,  kali ini saya sudah lebih siap karena udah blogwalking dan membaca sampai ngelontok di blognya mbak Ferona,  sambil komat-kamit berdoa semoga ga gagal lagi :-D Resepnya saya pakai resep di blognya mbak Ferona juga.




Oreo Cheesecake
Resep asli: Cakefever.com

Bahan crust:
250 gr biskuit oreo,  buang krimnya,  haluskan
100 gr mentega,  lelehkan

Bahan cheesecake:
200 gr gula pasir
4 butir telur
1 kg cream cheese,  kocok sebentar agar lembut
250 gr yoghurt plain
1 sdt air jeruk lemon
1 sdt kulit jeruk lemon
1 pak biskuit oreo,  buang isinya,  hancurkan (tidak perlu sampai halus)

Bahan topping:
250 gr whipped cream
1/2 pak biskuit oreo,  potong jadi 2

Cara membuat:

  1. Crust: Dalam sebuah wadah masukkan biskuit oreo halus,  tuang mentega leleh,  aduk rata. Masukkan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin, ratakan dan tekan-tekan agar padat,  panggang dalam oven selama 5-10 menit.
  2. Cheesecake: Kocok gula pasir dan telur sampai mengembang,  masukkan cream cheese dan yoghurt plain secara bergantian sambil dikocok dengan speed rendah. Masukkan biskuit oreo yang sudah dihancurkan,  aduk rata. Tuang kedalam loyang diatas adonan crust,  panggang dengan cara au ban marie selama 90 menit dengan suhu 160°C.
  3. Penyelesaian: Setelah matang,  jangan langsung dikeluarkan dari oven,  diamkan didalam oven sampai suhu ruang,  kemudian simpan di kulkas minimal 4 jam,  baru dilepaskan dari loyangnya. Hias dengan whipped cream kocok dan biskuit oreo.



Alhamdulillah kali ini berhasil,  karena loyang udah dilapisi alumunium foil rangkap 3,  karena ga punya alumunium foil heavy duty. Berhubung duo krucils doyan oreo,  jadi yang dicomot pertama potongan oreo yang jadi hiasan,  hehehe.



Oiya… si oreo cheesecake ini saya ikut sertakan juga dalam event NCC Cheese Cullinary Weeks,  dan dapat badge cantik ini:




No comments:

Post a Comment