Sunday, February 2, 2014

Lasagna Bayam

Masih punya satu pak lasagna instan,  plus dapat bayam banyak dari ART,  jadilah hari ini bikin lasagna bayam pakai resep bu Fatmah NCC. Sekalian mau setor lagi untuk even NCC Cheese Culinary Weeks.

Ada sedikit insiden pas bikin saus putih. Pas nambahin terigunya pake takaran ngasal,  sok pede karena udah sering bikin saus putih. Eeh lha kok ya keenceran,  diaduk dan direbus agak lama tetep aja ga kental-kental. Akhirnya di make over dikit,  nimbang  terigu diencerkan pakai saus (yang hampir gagal) diaduk terus dimasukkan lagi ke saus putih yang hampir gagal tsb,  alhamdulillah mau kental juga :-D

Fresh from the oven


Lasagna Bayam
Resep asli: Fatmah Bahalwan

Bahan:
1 pak lasagna instan,  rebus sebentar dalam air mendidih sampai agak lunak
3 ikat bayam,  ambil daunnya,  cuci bersih,  rebus sebentar

Saus daging:
250 gr daging,  giling
160 gr pasta tomat
1 buah bawang bombay,  iris halus
4 siung bawang putih,  cincang halus
1 sdt oregano
1 sdt basil
1 sdt rosemary
1/2 sdt lada halus
gula,  garam secukupnya
Minyak untuk menumis

Saus putih:
2 sdm mentega
75 gr tepung terigu
1 liter susu UHT
100 gr keju cheddar,  parut --> resep asli 50 gr
2 sdm keju parmesan --> skip
1 sdt lada hitam
1 sdt garam
1/2 sdt pala --> skip
1 sdt garam

Bahan taburan:
100 gr keju cheddar
50 gr keju mozarella --> resep asli 25 gr
25 gr keju parmesan bubuk --> skip


Cara membuat:

  1. Saus daging: tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum,  masukkan daging giling,  tumis sampai berubah warna. Tuangkan pasta tomat,  aduk rata,  tambahkan oregano, basil,  rosemary,  lada bubuk,  gula dan garam. Masak sampai daging matang dan saus kental. Tambahkan air jika saus terlalu kental.
  2. Saus putih: dalam panci,  panaskan mentega dengan api kecil sampai meleleh,  masukkan terigu,  aduk cepat agar tidak menggumpal,  tuangkan susu sambil diaduk terus. Masukkan keju parut,  lada hitam dan garam,  aduk terus sampai saus mengental,  angkat.
  3. Penyelesaian: siapkan pinggan tahan panas,  olesi dengan margarin. Susun dengan urutan sbb. lasagna,  saus daging,  bayam,  saus putih,  bahan taburan,  ulangi terus sampai habis. Lapisan paling atas taburi dengan keju mozarella sampai merata.



Hasilnya alhamdulillah ludes dalam waktu setengah hari,  anak-anak ternyata pada doyan,  ada bayam dan daging lumayan nambah zat besi untuk duo krucils.




No comments:

Post a Comment