Friday, February 14, 2014

Brownies Panggang Ketan Hitam

Brownies panggang lho ini...bukan yang kukus. Gara-garanya mau bikin cake untuk krucils, tapi ga punya tepung terigu, mau beli eeh kok ya pas lagi hujan. Kalo pulang kerja hujan-hujan, males banget mampir-mampir.


Bongkar-bongkar kotak tepung, cuma ada tepung kanji, maizena, seuprit terigu cakra (protein tinggi) dan tepung ketan hitam. Nawarin ke duo krucils mau dibuatkan kue apa, sepakat minta brownies *tetep aja rikuesnya, ga pernah bosan sama si coklat ini*.Tapi kan ga ada terigu protein sedang, lirik si hitam manis, yo wis lah kita coba pake tepung ketan hitam aja.




Brownies Ketan Hitam
Bahan:
150 gr tepung ketan hitam
60 gr tepung terigu --> saya pakai cakra
4 butir telur
250 gr gula pasir
50 gr coklat bubuk
50 gr DCC, lelehkan --> tuang ke dalam minyak goreng, aduk
210 gr minyak goreng
kacang almond secukupnya untuk taburan

Cara membuat:
  1. Campur menjadi satu: tepung ketan hitam, tepung cakra, coklat bubuk, sisihkan.
  2. Kocok sebentar telur dan gula, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diayak. Aduk rata.
  3. Tuang campuran DCC leleh dan minyak goreng sambil diaduk balik sampai rata.
  4. Tuang ke dalam loyang ukuran 30x10x4 cm yang sudah diolesi margarin/minyak goreng dan dialasi kertas roti. Panggang selama 30-35 menit sampai permukaan atas sudah kering dan bagian dalam adonan masih ada yang sedikit basah (jangan sampai benar-benar kering, karena setelah dingin rasanya kurang moist).





Alhamdulillah si duo krucils tidak terlalu menyadari kalau browniesnya ga bener-bener coklat. Teksturnya sedikit lbh rapuh dibandingkan dengan yang menggunakan terigu protein sedang. Tapi masih lebih kokoh daripada yang dari tepung mocaf (resepnya bisa dilihat disini)

2 comments:

  1. Thanks resepnya aku dah nyoba...
    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Suria, semoga cocok dengan resepnya :)

      Delete