Friday, February 15, 2013

Bolu Gulung Ekonomis

Yuhuu...alhamdulillah akhirnya berhasil juga menggulung bolu gulung tanpa retak.

Sebenarnya dahulu kala pernah bikin bolu gulung tapi manggangnya kelamaan alhasil pas digulung sukses retak dan akhirnya patah -_-

Nah kemarin intip-intip fotonya Asrida di fb nemu bolu gulung ekonomis nan cantik, langsung aja nodong resepnya dan malamnya dieksekusi.

Bolu Gulung Mini Ekonomis
Resep by Asrida Asianto

Bahan :
3 butir telur utuh, suhu kamar
45 gram gula pasir halus
1/2 sdm cake emulsifier
35 gram terigu serbaguna
5 gram maizena
5 gram susu bubuk
1/2 sdt vanilla powder
65 gram mentega, lelehkan dan dinginkan
1 sdt pasta pandan

Loyang:
22x22x4 cm

Cara membuat:

  1. Panaskan oven 200°C, siapkan loyang, olesi dengan mentega, alasi dengan kertas roti lalu oles lagi dengan mentega, sisihkan.
  2. Ayak terigu, maizena dan susu bubuk. Dalam mangkuk mixer campur semua bahan jadi satu kecuali mentega cair. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, kental berjejak. Tambahkan pasta pandan,  aduk rata.
  3. Masukkan mentega cair, aduk balik dengan spatula hingga rata. Pastikan tidak ada mentega yg belum teraduk di dasar mangkuk.
  4. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Jika ingin membuat pola di atasnya, sebelumnya sisihkan dulu beberapa sendok adonan .Campurkan dengan pasta coklat. Masukkan ke dalam plastik segitiga, buat bolongan kecil di ujungnya, lalu buat garis2 diagonal di atas adonan loyang. Dengan menggunakan tusuk gigi, buat garis2 yang memotong garis2 diagonal tadi dengan arah selang seling. --> saya pakai pasta pandan dan tidak diberi motif^_^
  5. Panggang dalam oven hingga permukaannya kecoklatan, kurleb sekitar 12-15 menit.
  6. Keluarkan loyang dari oven dan segera balikkan cake ke atas kertas roti baru atau serbet, kemudian balikkan kembali ke posisi semula di atas rak kawat, biarkan dingin.
  7.  Setelah dingin, balikkan cake ke atas serbet, lalu oles dengan filling. Gulung rapat.


2 comments:

  1. Kok ngga ada pasta pandan nya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, maaf sekali saya baru baca komennya. Terima kasih atas koreksinya, pasta pandannya 1 sendok teh mbak :)

      Delete