Monday, May 26, 2014

Simple Pizza Tuna Mayo

Disebut simple karena bahannya ga neko-neko,  dan saya ga ngasih taburan sayur sama sekali… eh ada bawang bombay ding kalau bisa disebut sayur :-)

Resepnya nyontek dari blog mbak ricke,  dengan mengeliminasi beberapa bahan karena tidak ada di rumah. Cukup puas dengan pizza ini,  meski crust-nya agak keras karena kelamaan manggang dan mozarellanya kurang melimpah. Duo krucils sekarang udah doyan banget sama pizza,  jadi pizza ini dimakan untuk snack siang dan sisanya untuk dinner keluarga kami hari ini,  he..he..he...




Pizza Tuna Mayo
Resep asli: Ricke

Bahan Crust Pizza:
220 ml air hangat
8 gr ragi instan
1 sdt gula pasir
200 gr terigu protein tinggi
175 gr terigu protein sedang
1/4 sdt garam
2 1/2 sdm minyak zaitun atau minyak sayur

Bahan saus tomat:
250 gr tomat,  cuci bersih kemudian rebus sampai kulitnya mengelupas,  haluskan
100 gr pasta tomat
3 siung bawang putih,  cincang halus
1/2 buah bawang bombay,  cincang kasar
1 sdt oregano
1/2 sdt thyme
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica
Minyak/margarin secukupnya untuk menumis

Bahan topping:
Tuna kaleng --> saya pilih yang tuna in olive oil
Bawang bombay,  iris tipis
Keju mozarella
Mayoneise secukupnya

Cara membuat saus tomat:
Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan tomat yang sudah dihaluskan dan pasta tomat,  aduk rata,  tambahkan oregano,  thyme, garam dan merica,  aduk rata. Masak sampai agak kental. Matikan api,  dinginkan saus.

Cara membuat pizza crust:

  1. Larutkan ragi instan dan gula pasir kedalam 75 ml air hangat,  aduk rata. Diamkan sampai keluar busa (kurang lebih 10 menit)
  2. Dalam sebuah baskom,  tuang terigu protein tinggi dan protein sedang,  buat bulatan di tengah baskom,  tuangkan larutan ragi,  sambil diuleni. Masukkan sisa air hangat,  uleni terus sampai kalis. 
  3. Masukkan minyak zaitun,  uleni sampai kalis elastis. Diamkan adonan sampai mengembang dua kali lipat (60-90 menit).
  4. Kempiskan adonan,  giling tipis setebal 0.5 cm atau cukup ditekan-tekan melebar kesamping loyang pizza. Tusuk-tusuk dengan garpu atau tusuk gigi,  diamkan 10 menit.
Penyelesaian:
Oleskan minyak zaitun/minyak sayur tipis-tipis diatas adonan crust,  oleskan saus tomat merata,  taburi keju mozarella diatasnya. Tambahkan tuna yang sudah dicincang kasar,  ratakan. Tata irisan bawang bombay,  semprotkan mayoneise diatasnya. Panggang selama 15 menit atau sampai matang dengan api sedang. Sajikan selagi hangat.


Pinggirannya terlihat tebal karena saya lipat sedikit untuk menyisipkan potongan keju mozarella, biar kayak stuff crust-nya p**za h*t, tapi karena ngasihnya pelit bin tipis jadi keju mozarellanya kurang nampol. Overall… pizza tuna mayo lezatoos,  gak kalah enak sama pizza daging saus bologneise.





No comments:

Post a Comment