Saturday, November 8, 2014

Keik Batik Milo

Kenal cake ini gara-gara lihat postingan mbak Ainur di fb,  fotonya cantik dan pas baca resepnya tampak mudah. Tanpa mikser,  tanpa oven dan ga perlu mengembang cakenya.

Tapi ooh tapi… percobaan pertama saya gagal! Lapisan coklatnya ga mau set,  padahal udah disimpan di freezer,  sedangkan menurut resep mbak Ainur cukup dimasukkan kulkas bawah aja udah jadi. Setelah kegagalan itu,  besoknya langsung beli lagi bahan-bahan yang udah habis,  tapii… ternyata niat hanya sekedar dalam hati,  eksekusinya macet alias malas.com melanda,  he..he..he..

Dan akhirnya kemarin,  setelah baca resep dengan lebih teliti,  ikuti semua step by stepnya dengan lebih hati-hati juga,  sambil deg-degan, alhamdulillah..jadilah cake batik yang bisa berdiri kokoh gak benyek bin letoy kayak yang percobaan pertama.




Keik Batik Milo
Resep asli: Ainur Parahita

Bahan:
250 gr biskuit Marie atau biskuit apapun
75 gr unsalted butter
75 gr margarin
4 sachet milo --> saya pakai 90 gr milo
3 butir telur
50 gr dark cooking chocolate (DCC)
3 sdm coklat bubuk
1/2 kaleng susu kental manis
Sejimpit vanilla susu -->skip,  ga punya

Cara membuat:

  1. Dalam sebuah panci masukkan susu kental manis,  coklat bubuk,  milo, potongan DCC dan telur, panaskan diatas kompor dengan api kecil biar tidak cepat gosong,  aduk-aduk terus dengan whisker.
  2. Jika sudah mulai keluar letupan-letupan kecil,  berarti sudah mendidih,  lanjutkan mengaduk sampai mengental (lebih kental daripada adonan pudding yang sudah mendidih), jika sudah kental  segera matikan api. Masukkan butter dan mentega,  aduk rata.
  3. Siapkan loyang,  alasi dengan plastik (pinggirannya biarkan saja tanpa olesan apapun,  nanti bisa diseset pakai pisau dengan mudah),  tata biskuit didasar loyang beralas plastik,  tuang lapisan coklat,  ratakan,  tata lagi biskuit diatas lapisan coklat yang pertama,  tuang lagi lapisan coklat,  ulangi sampai adonan lapisan coklatnya habis.
  4. Masukkan ke dalam kulkas,  simpan minimal 2 jam. Setelah itu,  keluarkan dari loyang,  potong-potong dan sajikan selagi dingin.

Baruu banget dikeluarkan dari loyang


Untuk penggemar cake coklat,  keik batik milo ini emang enak banget,  tapi karena jadinya cuma seloyang loaf,  baru setengah hari udah tinggal seperempat loyang.



1 comment:

  1. Mbaak saya nyoba resep ini udah 2 x tp koq tetep gk bs set yaa... pliss help me apa yg salah 😂

    ReplyDelete