Friday, June 11, 2010

Panas Dalam-nya Ayah

Panas dalam, itulah penyakit yg sering hinggap pada suamiku alias ayahe Afa (menurut pengakuan dia siy…)
Kalau baca di wikipedia panas dalam artinya adalah sbb:

http://id.wikipedia.org/wiki/Panas_dalam
Panas dalam adalah suatu keadaan dimana sistem pencernaan manusia mengalami panas yang berlebihan.
Kalau baca lebih lengkap lagi disebutkan juga penyebab dari panas dalam sendiri karena kekurangan vitamin C, kekurangan serat, kekurangan cairan tubuh, karena cuaca panas atau karena setelah memakan makanan sejenis gorengan.
Disini juga dijelaskan pengertian lain dari panas dalam:

http://doktersehat.com/2007/07/24/apa-si-panas-dalam-itu/
Mungkin hanya gambaran gejala awal suatu radang tenggorokan saja. Seperti lazim kalau mulai mau flu, tenggorokan terasa pedih dan gatal, atau mungkin juga nyeri panas menggelitik.

Kalau diringkas, intinya penyebab panas dalam itu karena kondisi fisik yang sedang menurun, dan pertanda akan terkena infeksi. Nah, jelas kan berarti penyebabnya...
Yang namanya ayahe Afa ini kalau dibilangin suka ngeyel, sudah dikasih tahu kalau cukup banyak minum air putih, makan makanan yg sehat, insyaAllah akan sembuh dengan sendirinya. Eh masih aja request dibeliin “larutan“ yg menurut dia bisa mengatasi panas dalamnya :(
Padahal kalau Afa yg sakit, entah batuk pilek, demam atau diare, selalu nyuruh ibunya buat home treatment aja, ga usah pakai obat-obatan apalagi antibiotik, lha kok dirinya sendiri yg bandel.
Tapi akhirnya, tadi malam berhasil menyingkirkan “larutan“ itu, dengan sedikit disewotin dan agak digalakkin, menyerah juga, request-nya ganti jadi wedang jahe aja...kalau yg ini sih ok, ibu juga suka :)

Next time, kalau udah mulai ga nyaman tenggorokkannya banyak minum air putih aja ya, ayah sayang.:)

No comments:

Post a Comment