Saturday, September 22, 2012

Simple Brownies

Saya suka sekali dengan brownies, demikian juga kak Afa, dan yangti, cuma ayah aja yang ga terlalu suka (emang si doi ga terlalu suka makanan manis).

Nah, resep brownies ini adalah yang paling sering dibuat, karena selain bahan-bahannya mudah didapat di toko kelontong dekat rumah, cara pembuatannya gampang dan yang pasti rasanya juga cukup enak. Sebenarnya resep aslinya dari resep pennylane brownies punya mbak Riana (dedengkotnya NCC), tapi saya modifikasi sedikit disesuaikan dengan lidah keluarga.


Brownies panggang

Bahan:
4 butir telur
300 gr gula kastor (saya biasa pakai gula pasir, trus diblender)
210 gr tepung terigu (saya biasa pakai segitiga biru)
60 gr coklat bubuk (saya biasa pakai van houten)
100 gr Dark Cooking Chocolate (saya biasa pakai colatta), lelehkan
225 gr minyak goreng

Taburan:
kacang almond/kenari panggang, coklat chips

Cara Membuat:
1. Kocok telur dan gula sampai gula larut semua, tidak perlu sampai mengembang putih
2. Dalam wadah terpisah, campur tepung terigu dan coklat bubuk, kemudian ayak.
3. Masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk ke dalam adonan telur dan gula.
4. Tambahkan DCC dan minyak goreng secara bergantian, sambil diaduk balik.
5. Tuangkan ke dalam loyang 20x10x4 cm (yang sudah diolesi margarin alasnya)
6. Taburkan bahan topping. Panggang selama kurang lebih 20 menit (api sedang-tinggi).
7. Setelah matang, langsung keluarkan dari loyang, dinginkan.




Brownies ini menurut saya dimakan langsung sudah enak, tapi lebih nikmat lagi kalau ditemani dengan es krim. Oiya, dimakan keesokan harinya rasa brownies lebih legit.

No comments:

Post a Comment