Monday, April 6, 2015

Cookies N Cream Brownies...Enaaak!

Resep ini langsung masuk bookmark pas lihat mbak Ainur masang link di timeline Facebooknya. Tapi yaa seperti yang sudah-sudah saya bermasalah dengan stok krimcis di kota Gresik tercinta ini, mesti ngesot ke toko bahan kue yang agak jauh atau sekalian ke Surabaya buat beli. Kali ini demi membuatkan brownies untuk kak Afa yang udah rikues dari bulan kemarin, akhirnya beli lah krimcis di Hero. Pas beli krimcis ini disebelahnya ada mascarpone yang melambai-lambai minta dibeli juga, tapi apa daya harganya yang hampir 2x lipat harga krimcis membuat saya mengabaikannya *padahal termasuk barang langka di Gresik, huhuhu*.



Cookies N Cream Brownies
Resep asli: Taste of Home

Bahan:
8 oz cream cheese, lembutkan di suhu ruang --> saya pakai 250 gr
1/4 cup gula pasir
1 butir telur 
1/2 sdt vanilla extract --> saya pakai vanili bubuk

Lapisan brownies:
1/4 cup butter, lelehkan
1/2 cup gula pasir
1/2 cup brown sugar --> saya pakai gula palem
1/2 cup coklat bubuk
2 butir telur --> saya pakai 3 butir
1 sdt vanilla extract --> saya pakai vanili bubuk
1/2 cup tepung all purpose --> saya pakai tepung terigu protein sedang
1 sdt baking powder --> saya pakai seuprit aja
12 buah oreo, hancurkan (jangan terlalu halus)
8 buah oreo, potong kasar


Cara membuat:
  1. Siapkan loyang berukuran 20x20x4 cm, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti melebihi lebar loyang (tujuannya untuk mengangkat brownies yang sudah matang, jangan membalik browniesnya) olesi atasnya dengan margarin lagi. Sisihkan
  2. Dalam sebuah mangkok aduk menjadi satu cream cheese, gula, telur dan vanilla extract sampai menjadi lembut (saya pakai mikser kecepatan rendah), sisihkan.
  3. Lapisan brownies: dalam sebuah baskom aduk menjadi satu butter yang sudah dilelehkan, gula pasir, brown sugar dan coklat bubuk sampai rata (saya pakai mikser kecepatan rendah). Masukkan telur, kocok rata. Aduk menjadi satu tepung terigu dan baking powder, tambahkan ke dalam campuran coklat sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan mikser kecepatan rendah sampai rata. Masukkan oreo yang sudah dihancurkan, aduk rata.
  4. Tuang adonan brownies ke dalam loyang, sendokkan adonan cream cheese diatas adonan brownies sampai tertutup rata. Taburi dengan potongan oreo.
  5. Panggang dengan suhu sedang (180 der C) selama 25-30 menit atau sampai matang.
Fresh from the oven

Pas udah matang, anak-anak pas bobok siang aman deh si brownies bisa difoto-foto dulu, hehehe...Dan sesuai dugaan pas mereka bangun langsung nagih, rasanya enak banget...perpaduan coklat, keju dan oreo tiga makanan kesukaan krucils. Hasil jadi punya saya ini sebenernya agak overbaked, jadi lapisan browniesnya terlalu padat kurang moist, karena sempat ketiduran pas ngeloni Thia jadi kelamaan manggangnya. Tapi lapisan krimcisnya alhamdulillah moist, overall brownies ini manisnya pas selera saya.

No comments:

Post a Comment