Monday, April 6, 2015

Farfalle Brokoli Saus Keju

Posting makanan Italiano lagi, he..he..he..Beli farfalle ini barengan sama beli krimcis di Hero, lihat bentuknya yang lucu kayak pita akhirnya ambil aja sekalian. Farfalle sendiri sebenarnya dari bahasa Italia, farfalla yang artinya kupu-kupu meski sering dikenal dengan bow-tie pasta atau pasta dasi kupu-kupu, hihihi. Kali ini farfalle ditopping dengan saus keju, dengan tambahan brokoli untuk memasukkan sayuran ke menu anak-anak.

Resep saus kejunya simple aja cukup pakai keju cheddar dan susu UHT, tapi untuk menambah rasa gurih saya padukan kaldu sapi dengan susu UHT.




Farfalle Brokoli Saus Keju
By Ibu AfaThia

Bahan:
250 gr farfalle, rebus al dente, tiriskan
2 buah sosis sapi, belah jadi dua memanjang, iris tipis
200 gr brokoli, ambil kuntumnya, rebus sebentar saja
200 ml susu UHT plain
200 ml kaldu sapi
50 gr keju cheddar, parut halus
1 sdm tepung terigu
1/2 butir bawang bombay, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang halus
Mentega untuk menumis
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Gula secukupnya
Basil untuk taburan

Cara membuat:
  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan tepung terigu aduk cepat (jangan sampai menggumpal), tuang kaldu sapi sedikit demi sedikit sambil terus diaduk (larutan akan menjadi kental), masukkan potongan sosis, aduk rata. Tambahkan brokoli, aduk rata, tambahkan keju cheddar, aduk terus tunggu sampai ada letupan-letupan kecil. Tuang susu UHT sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, tunggu sampai agak mengental.
  2. Tambahkan garam, merica dan gula, sambil dites rasanya, masukkan farfalle yang sudah direbus, aduk rata. Sajikan di atas piring, taburi dengan basil diatasnya.
Gampang kan ya bikinnya? Cuma ternyata anak-anak kurang suka, entah karena terlalu eneg atau mereka emang masih kenyang. Lha baru jam 5 sore udah disuruh makan malam, padahal makan siangnya baru jam 2 siang, akhirnya paksu yang dapat jatah banyak *gagal diet deh, hihihi!*.

No comments:

Post a Comment