Friday, May 22, 2015

Mie Goreng Jawa Dengan Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan

Alhamdulillah akhirnya datang juga paket dari Lock & Lock, yeay...Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan! Awalnya memberanikan diri untuk mengirimkan postingan menu favorit di rumah ke grup HHBF (Homemade Healthy Baby Food) dalam rangka kompetisi "Mrs. Chef" yang merupakan kerjasama antara Lock & Lock Indonesia dengan HHBF. Beruntung banget bisa mendapatkan Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan gratis karena terpilih menjadi salah satu peserta kompetisi.

Pas baru nyampai, langsung jatuh hati sama warna cantiknya Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan, saya mendapatkan yang warna kuning, selain warna kuning juga ada warna merah dan hijau. Warna yang cantik juga didukung dengan desain yang elegan dan pas diangkat saya kira akan berat, ternyata lumayan ringan untuk ukuran diameter pan yang cukup besar, jadi pasti nyaman dipakai. Sebelumnya saya memiliki produk Lock & Lock yang terbuat dari plastik, sudah teruji aman bahan plastiknya, kedap dan berkualitas. Selain berbahan dasar plastik, ada juga produk Lock&Lock yang terbuat dari stainless steel.

Pertama kali pakai Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan ini untuk membuat nasi goreng, sukses dong pastinya. Meski pun nasinya agak lembek, tapi ternyata tidak ada yang lengket ke fry pan selama digoreng, trus ya saya suka nasi goreng yang ada aroma kayak hangus tapi bukan hangus sebenarnya, jadi beberapa saat sebelum api dimatikan, apinya saya besarkan sambil terus diaduk nasi gorengnya, baru kemudian dimatikan. Dan ketahanan Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan terhadap panas bagus banget, terbukti selesai bikin nasi goreng itu, tidak ada aroma hangus pada fry pan, jadi tinggal dilap pakai tissue untuk dipakai lagi membuat telur ceplok. Sukses dengan nasi goreng, kali ini saya pakai Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan untuk membuat mie goreng Jawa.

Menu favorit keluarga saya sebenarnya adalah makanan yang umum dijumpai di restoran ataupun warteg pinggir jalan. Meski sebenarnya saya suka jajan makanan, tapi sejak punya anak saya mulai mengurangi jajan di luar rumah dan lebih memilih membuatkan sendiri menu untuk suami dan anak-anak. Mie goreng Jawa merupakan salah satu menu favorit di keluarga saya, rasanya yang condong manis gurih cocok dengan lidah anak-anak saya yang belum doyan masakan pedas. Resep mie goreng Jawa yang saya buat ini hampir sama dengan resep pada umumnya, menggunakan mie telur dan kecap sebagai kunci pembuatan mie goreng jawa.




Mie Goreng Jawa


Bahan:

1 bungkus mie telur
4 siung bawang putih
4 butir kemiri, sangrai
200 gr sawi hijau, potong-potong
2 buah sosis, potong-potong tipis
2 butir telur, kocok lepas
2 batang daun bawang, potong-potong
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kecap asin
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica
1/4 sendok teh gula pasir
Minyak goreng secukupnya

Hiasan/taburan:
Irisan tomat
Irisan timun
Bawang goreng

Cara membuat:

  1. Rebus air sampai mendidih, masukkan mie telur, rebus sampai lunak. Tiriskan airnya, tambahkan 1 sendok makan margarin atau minyak goreng, aduk rata. Sisihkan.
  2. Bumbu halus: haluskan bawang putih dan kemiri sangrai.
  3. Panaskan 1 sendok makan minyak goreng diatas Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan, tuang kocokan telur, goreng dengan cara diorak-arik, sisihkan. Lap bersih Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan dengan tissue, panaskan 2 sendok makan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan potongan sosis, tumis sampai berubah warna kecoklatan. Masukkan potongan sawi, tumis sebentar sampai agak layu, tambahkan telur orak-arik, garam, merica dan gula.
  4. Masukkan mie telur, aduk sampai semua bumbu merata. Tambahkan kecap manis dan kecap asin, aduk rata. Naikkan api kompor, masak sampai keluar aroma yang lebih kuat, matikan kompor. Sajikan selagi hangat.




Simple banget kan resepnya? Jika menginginkan rasa lebih pedas, bisa ditambahkan cabe rawit pada bumbu halusnya atau cabe rawit utuhan dimakan mentah bareng mie goreng jawa-nya.

Selesai dipakai memasak dinginkan dulu Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan sebelum dicuci. Cara pencuciannya juga sangat mudah, cukup menggunakan spons yang lembut, bilas dengan air, setelah kering ternyata tidak ada aroma masakan yang menempel di Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan, keren deh!




Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki ibu-ibu yang hobi nguplek di dapur *ga hobi juga ga masalah, tampilannya Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan kece banget lho:-)* karena banyak keunggulan yang dimiliki.  Keunggulan-keunggulan Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan selain seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan ini juga dibuat dengan menggunakan teknologi Hard anodized.

Apa sih teknologi Hard-Anodized ini?
Jadi ya Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan ini alumuniumnya (yang merupakan bahan utama pan) dilapisi oleh bahan Hard anodized sebelum akhirnya dilapisi dengan coating. Lapisan Hard-Anodized ini akan menjadikan coating lebih tahan goresan dalam waktu yang lama. Jadi jika terjadi scratch/goresan pada coatingnya pan masih aman digunakan untuk memasak karena makanan tidak bersentuhan secara langsung dengan alumunium, melainkan dengan lapisan Hard-Anodized. 

Nah, pasti ada pertanyaan berikutnya, memangnya kenapa kalau makanan yang dimasak langsung berhubungan dengan bahan alumunium?
Makanan yang bersentuhan langsung dengan alumunium bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh, karena alumunium melepaskan materi yang bersifat karsinogen. Karsinogen artinya bisa menyebabkan kanker, sehingga jika terus menerus terjadi penumpukan materi dari alumunium akan bisa menyebabkan kanker bagi tubuh kita.


Secara keseluruhan keunggulan Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan adalah sebagai berikut:

Memiliki lapisan anti lengket
Lapisan ini selain memudahkan kita untuk memasak tanpa merusak bahan dasar masakan kita, karena tidak ada yang lengket sama sekali ke pan. Dan sangat irit penggunaan minyak goreng, sehingga akan mengurangi konsumsi minyak goreng sehari-hari.


Memiliki ketahanan terhadap panas

Terdapat lapisan tahan panas yang mencegah masakan cepat hangus, tetapi bisa menyebarkan panas dengan cepat, sehingga masakan akan cepat matang.


Mudah dibersihkan

Keunggulan yang satu ini tentunya sangat disukai ibu-ibu, karena saya sendiri terus terang paling males nyuci-nyuci peralatan masak kalau udah selesai masak, hehehe. Kalau masih akan digunakan lagi cukup dilap menggunakan tissue. Jika tidak akan dipakai lagi, cukup dicuci dengan menggunakan spons yang lembut tidak akan meninggalkan jejak bau masakan.


Nyaman ketika digunakan

Baru kali ini saya memiliki fry pan berukuran diameter 26 cm, sebelumnya yang paling besar yang saya miliki berukuran diameter 24 cm. Meski ukurannya besar tetapi tidak berat, dan pegangannya terbuat dari silikon yang tidak licin ketika dipegang, sehingga nyaman dipakai.


Memiliki warna beragam

Dilengkapi dengan warna kuning, hijau dan merah menjadikan memasak lebih menyenangkan. 


Nah, kece banget kan...ayo-ayo merapat untuk memiliki Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan ini. Setelah ini saya akan menggunakan Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan untuk membuat ehmm... apa ya....steak dulu atau tumis brokoli dulu ya?!


1 comment:

  1. Dear Ibu Yuniar, perkenalkan saya dengan Nanda dari LOCK&LOCK Indonesia. Kami dari LOCK&LOCK berencana mengadakan gathering dan mengundang para blogger yang sudah pernah review tentang produk LOCK&LOCK dan mengikuti kompetisi Mrs. Chef dahulu. Apakah boleh saya minta email atau no telp. ibu? Ibu dapat menghubungi saya via email ke nanda.zata@gmail.com. Ditunggu feedback baiknya ya bu. Terima kasih banyak :)

    ReplyDelete