Wednesday, April 24, 2013

Milky Yoghurt Cupcake

Berteman di dunia maya dengan ibu-ibu jago masak plus baking benar-benar membawa manfaat. Terlebih lagi jika beliau-beliau ini ga pelit bagi-bagi resepnya. Meskipun banyak diantaranya yang saya belum pernah bertatap muka.

Salah satu dari ibu-ibu tersebut adalah mbak Cindy Aminya Mira (nama lengkap aslinya ga tau, maap mbak^_^), resep-resepnya sudah teruji tidak hanya didapurnya tetapi juga dapur ibu-ibu lain yg sudah mencoba resepnya. Nah kali ini saya nyontek resep cupcakenya yang salah satu bahannya menggunakan yoghurt. Mumpung masih ada sisa yoghurt punya duo krucils.


Milky Yoghurt Cupcake
Resep asli: mbak Cindy Aminya Mira

Bahan:
75 gr tepung terigu
25 gr maizena
75 gr butter, lelehkan
75 gr yoghurt plain
2 sdm susu bubuk vanila
1 sdt vanili
1 sdm L'arome (bubuk aroma susu vanila) --> saya skip
2 butir telur
75 gr gula pasir halus
1/2 sdt garam

Bahan Forsting:
50 gr selai blueberry (bisa diganti pure buah lainnya)
100 ml whipped cream

Cara membuat:
1. Siapkan cup kertas, panaskan oven pada suhu 180°C.
2. Dalam sebuah wadah, campur semua bahan bubuk (terigu,maizena, vanili, susu bubuk, L'arome), sisihkan.
3. Dalam wadah lain, campur butter&yoghurt, aduk rata, sisihkan.
4. Kocok gula & telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan putih, kecilkan kecepatan mikser pada posisi terendah, masukkan campuran bahan bubuk, aduk rata, matikan mikser. Masukkan campuran yoghurt dan butter, aduk balik hingga rata dan tidak ada endapan butter didasar wadah.
5. Tuang ke dalam cup, panggang selama kurang lebih 20 menit (pakai tes tusuk ya), dinginkan pada suhu ruang.

Frosting:
Kocok whipped cream & selai blueberry dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, masukkan ke dalam pipping bag, sisihkan.
Trim bagian atas cake, sehingga cake menjadi datar. Semprotkan frosting blueberry ke atas cake, hiasi dengan fondant yg dibentuk atau bisa juga memakai potongan buah.


Saya tidak menggunakan resep frosting punya mbak Cindy, karena masih ada sisa vla keju untuk topping hokkaido chiffon cupcake pas bikin potluck kopdar HHBF Surabaya.


No comments:

Post a Comment