Tuesday, November 20, 2012

Nugget Ayam Veggie

Sudah lama sekali pengin bikin nugget sendiri, apalagi setelah beli nugget ayam pabrikan, ternyata Afa doyan. Akhirnya buka-buka contekan resep di milis NCC ataupun grup HHBF, jadilah resep nugget dibawah ini.


Nugget Ayam Veggie

Bahan:
200 gr ayam giling --> saya pakai dada ayam yang dibuang kulitnya dan diblender
50 gr brokoli, ambil kuntumnya, rebus sebentar, tiriskan
50 gr wortel, rebus sebentar, potong kotak-kotak kecil
3 sdm tepung terigu --> saya pakai segitiga biru
50 ml susu UHT --> saya pakai UHT ultra plain
50 gr keju Cheddar --> saya pakai prochiz
1 Butir telur
2 Siung bawang putih, geprek kemudian cincang halus
Sedikit garam, gula dan merica

Bahan pencelup:
1 butir telur, kocok lepas
Tepung panir untuk lapisan

Cara Membuat:
1. Siapkan dandang/kukusan, lapisi tutupnya dengan serbet, panaskan sampai beruap banyak.
2. Aduk menjadi satu ayam giling, brokoli rebus yang sudah dicincang kasar, dan wortel.
3. Tambahkan bawang putih cincang, masukkan tepung terigu dan keju, aduk rata.
4. Tambahkan susu UHT sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.
5. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas, aduk rata.
6. Tambahkan garam, gula dan merica sesuai selera. Sisihkan.
7. Siapkan loyang kotak ukuran 20x10x7 cm, lapisi dengan kertas roti.
8. Ratakan adonan nugget diatas loyang (saya pakai spatula sambil ditekan-tekan).
9. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Setelah matang, angkat kemudian dinginkan.
10. Potong-potong sesuai selera (saya kemarin dipotong persegi panjang).
11. Celupkan kedalam telur, kemudian gulingkan diatas tepung panir.
12. Setelah semua terbalut tepung panir, simpan di freezer.
13. Goreng sesuai kebutuhan, jika masih sisa sebaiknya disimpan kembali di freezer.


Hasil jadi 25 potong (sudah dikurangi yang diincip-incip si pembuat, pas sebelum dibalut tepung panir).
Selamat mencoba ^_^

No comments:

Post a Comment