Friday, May 17, 2013

Banana Carrot Cupcake

Masih ada sisa pisang agung cukup banyak di kulkas. Pisang agung ini adalah pisang khas daerah Lumajang, pisangnya besar-besar, sebesar lengan orang dewasa dan teksturnya mirip dengan pisang tanduk. Dapat pisang agung, karena mbah saya alias buyutnya AfaThia yang asli Lumajang datang berkunjung ke rumah.

Sebagian sudah dikukus, sebagian yang lain dibuat banana cake, nah sisa yang masih banyak ini bingung mau diolah jadi apa. Mama saya pengin bikin nagasari tapi ga jadi melulu, akhirnya saya olah jadi banana carrot cupcake. Cemilan manis untuk anak-anak tapi diselipkan sayuran juga.



Banana Carrot Cupcake

Bahan:
100 gr pisang matang, lumatkan dengan garpu --> saya pakai pisang agung
50 gr wortel, parut dengan parutan keju
120 gr tepung beras
30 gr tepung maizena
3 butir telur
80 gr gula pasir
50 ml susu UHT
50 gr minyak goreng
1/4 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat:
1.      Siapkan cup kertas, panaskan oven pada temperatur sedang (otang saya termometernya rusak jadi dikira-kira panasnya).
2.      Aduk menjadi satu pisang, wortel, kayu manis bubuk dan susu UHT, sisihkan.
3.      Dalam sebuah wadah, kocok telur dan gula pasir dengan mikser kecepatan tinggi sampai mengembang. Turunkan kecepatan mikser pada kecepatan paling rendah, masukkan tepung beras dan tepung maizena sambil diayak, aduk sampai rata. Matikan mikser.
4.      Masukkan campuran pisang, wortel dan susu UHT bergantian dengan minyak goreng sambil diaduk balik sampai rata.
5.      Tuang kedalam cup kertas sampai 3/4 penuh, panggang kurang lebih 25 menit.


Cupcake ini bisa dibilang gluten free karena tidak menggunakan tepung terigu dalam adonannya. Rasanya legit, meskipun menurut lidah saya kemanisan karena pisang agungnya sendiri sudah manis.



No comments:

Post a Comment