Sunday, May 12, 2013

Mujair Bakar Bumbu Rujak

Dapat ikan mujair cukup banyak dari ART saya, bosan digoreng begitu saja, kali ini diolah menjadi ikan bakar dengan memanfaatkan happycall.

Sekilas info saja, lik Siti (demikian saya memanggil ART saya, karena usianya mencapai separuh baya dan sudah punya cucu juga) ini punya anak lelaki, nah anaknya sering diminta tolong oleh pemilik tambak untuk membantu menjaga tambaknya dan sekaligus panen hasil tambak. Kalau pas panen ikan atau udang hasil tambak, oleh pemilik tambak selain dibayar dengan uang juga dibekali dengan ikan atau udang hasil panen lumayan banyak.

Kali ini yang sedang dipanen adalah ikan mujair, dan seperti sebelum-sebelumnya lik Siti selalu membawakan beberapa ekor hasil bawaan anaknya. Ok, sekian sekilas infonya, kita kembali ke sang ikan mujair.

Bumbu yang saya gunakan untuk ikan bakar adalah bumbu pedas, tapi minimalis. Meski saya menyebutnya bumbu rujak, tetapi komposisinya sebenarnya hanya cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan tomat. Resep selengkapnya adalah sebagai berikut.



Mujair Bumbu Rujak

Bahan:
3 ekor ikan mujair masing-masing seberat kurang lebih 500 gr
1 buah jeruk nipis

Bumbu halus:
18 biji cabe rawit merah
8 siung bawang putih
8 butir bawang merah
3 buah tomat merah
100 gr gula merah

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ikan, hilangkan sisik dan kotoran di bagian kepala dan perut, lumuri jeruk nipis untuk menghilangkan amis, diamkan 15 menit, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum, sisihkan.
  3. Panaskan happy call dengan api kecil, lumuri ikan dengan bumbu halus, bakar dengan api kecil sekali, sesekali happy call dibalik untuk meratakan tingkat kematangan. Bakar sampai ikan berubah warna dan bumbu meresap. Sajikan hangat-hangat.



Tingkat kepedasannya pas menurut saya, tidak terlalu bikin bibir ndower karena ada penambahan gula merah dalam bumbunya. Ludes deh sama pak suami yang doyan pedas juga.

2 comments:

  1. Waaaah Ikan Mujair...kesukaanku kala masih di Cilacap *Maaak, masak pake Happy Call...happy selalu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak Astin ^_^
      Saya pernah ga happy masak pakai happycall, yaitu pas bikin cookies, si cookiesnya gosong karena lupa ga diintip, hihihi...

      Delete