Sunday, May 12, 2013

Lapis Beras

Dalam rangka ikut memeriahkan IDFB Challenge#10 akhirnya memberanikan diri membuat lapis beras. Resepnya meniru persis dari buku NCC Cake dan Cookies Anti Gagal.

Tantangan dalam membuat kue berlapis adalah memerlukan kesabaran untuk menuang adonan bertahap selapis demi selapis. Untuk 1 resep lapis beras ini, bisa menghasilkan 2 loyang loaf ukuran 20x10x7 cm. Satu loyang hasilnya tiap lapisannya terlalu tebal, untuk loyang kedua saya kurangi takaran untuk tiap lapis sehingga lapisannya lebih banyak dan lebih rapi.

Lapis Beras
Sumber: Buku NCC Cake dan Cookies Anti Gagal

Bahan:
100 gr tepung sagu --> saya ganti tepung kanji
275 gr tepung beras
300 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1.5 liter santan
3 lembar daun pandan
2 lembar daun jeruk
pasta pandan dan pasta coklat secukupnya

Cara membuat:

  1. Masak santan, daun jeruk dan daun pandan sambil terus diaduk sampai mendidih, angkat dan dinginkan.
  2. Dalam sebuah wadah, campur menjadi satu tepung kanji, tepung beras, dan gula pasir, tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk sehingga menjadi adonan yang encer dan halus (tidak bergerindil).
  3. Timbang menjadi 2 bagian yang sama, satu bagian diberi pasta pandan, bagian yang lain diberi pasta coklat.
  4. Siapkan loyang berukuran 20x10x7 cm olesi dengan minyak sayur tipis-tipis, alasi plastik, olesi lagi dengan minyak sayur tipis-tipis.
  5. Tuang adonan coklat sebanyak kurang lebih 50 ml, kukus selama 8 menit, kemudian tuang adonan hijau kurang lebih 50 ml, kukus lagi selama 8 menit. Ulangi lagi dengan adonan coklat, dan seterusnya sampai seluruh adonan habis.
  6. Terakhir kukus selama 20 menit, angkat dan dinginkan. Potong menggunakan pisau yang dicelup air panas atau menggunakan spatula plastik.





Hasil jadi lapis beras saya untuk lapisan coklat warnanya sangat pucat, coklat muda condong kearah pink, tau gitu pakai warna asli adonannya saja. Secara rasa, legit dan lembut, meskipun terlalu manis untuk lidah saya.





No comments:

Post a Comment