Saturday, June 15, 2013

Pudding Coklat

Punya majalah Sedap tahun 2009 edisi hidangan lebaran hasil obralan di gramedia, di dalamnya banyak menu yang tampak menggiurkan untuk dicoba tapi terbentur rasa malas. Nah, mumpung masih punya agar-agar yang udah ngendon lama di lemari dan ada DCC (Dark Cooking Chocolate), akhirnya eksekusi resep pudding coklat yang ada di majalah itu. Resep aslinya pakai oreo diselipkan diantara dua lapis pudding, tapi tanpa oreo pun pudding ini sudah nyoklat banget, jadi mari kita skip saja.





Pudding Coklat
Resep asli: Majalah Sedap Edisi Khusus Idul Fitri 2009

Bahan 1:
1 bungkus agar-agar bubuk
800 ml susu cair
120 gr gula pasir --> saya hanya 100 gr
25 gr coklat bubuk
100 gr DCC, lelehkan
16 keping (64 gr) biskuit coklat oreo, buang krimnya --> skip

Bahan 2:
450 ml susu cair
1 bungkus agar-agar bubuk
30 gr coklat bubuk
50 gr gula pasir
3 putih telur
50 gr gula pasir

Cara membuat:

  1. Lapisan 1: rebus agar-agar bubuk, susu cair, gula pasir dan coklat bubuk sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan DCC leleh, aduk rata. Didihkan sebentar, matikan api.
  2. Tuang ke loyang tulban diameter 22 cm tinggi 10 cm. Biarkan setengah beku.
  3. Lapisan 2: rebus susu cair, agar-agar bubuk, coklat bubuk dan gula pasir, sambil diaduk sampai mendidih.
  4. Kocok putih telur sampai setengah mengembang, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai mengembang. Tuang rebusan lapisan 2 sedikit demi sedikit sambil dikocok rata.
  5. Tuang ke atas lapisan 1, bekukan.



Pudding ini benar-benar nyoklat, rebutan deh orang serumah. Padahal lagi hujan hampir tiap hari, tapi tetep aja laris manis tanjung kimpul, he..he.,he..Oiya, pastikan lapisan 1 sudah setengah beku ketika akan menuang lapisan 2, hasil bikinan saya yang lapisan 2 tidak bisa mulus cantik karena kelamaan nunggu lapisan 1 agak beku, jadi pas dituang sedikit bergerindil karena udah hampir beku.



No comments:

Post a Comment