Tuesday, June 18, 2013

Kopdar HHBF Surabaya ke-5 (Aneka Pasta Homemade)

Kopdar grup HHBF (Homemade Healthy Baby Food) yang ke-5 untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya kali ini bertema membuat aneka pasta homemade. Narasumbernya masih chef Ainur Parahita, pemilik Dapur Kalila :)

Jajaran potluck bawaan ibu-ibu

Berhubung saya datangnya telat, jadi ga sempat ikut pembukaan dan perkenalan, udah pas praktek membuat mie bayam. Membuat mie sebenarnya cepat, yang bikin lama itu menguleni, meskipun ga harus sampai sekalis membuat adonan roti, tapi lumayan gempor juga kalau nguleni 1 kg adonan mie.

Praktek membuat mie bayam

Praktek yang kedua adalah membuat kwetiau gluten free, kenapa gluten free? karena memang tidak menggunakan tepung terigu, tetapi menggunakan tepung beras dan tepung maizena. Oiya, kalau pakai tepung terigu, hasil kwetiau-nya tidak bisa bening transparan, jadi kayak mie biasa.

Praktek membuat kwetiau gluten free

Adonan kwetiau setelah direbus

Praktek yang ketiga adalah membuat lasagna sheet. Hampir mirip dengan adonan mie, tetapi menggunakan sedikit minyak zaitun, meskipun ada versi yang tanpa minyak zaitun juga. Dan adonan ini juga bisa dipakai untuk membuat farfalle (eh bener ga nih nulisnya??!), jenis pasta yang bentuknya kayak kupu-kupu (atau pita yah, entah lah something like that deh!)

Penyerahan bingkisan oleh mbak Olis untuk mbak Ainur

Kopdar ini sekalian farewell sama mbak Nita Lis Widiana, karena doi akan hijrah ke Jakarta mengikuti pak suami. Sedih deh, karena doi ini kita daulat sebagai ketua wilayah Surabaya dan sekitarnya dan doi juga yang selalu semangat ngomporin kita buat kopdar. Semoga ibu chef alias narasumber ga ikut-ikutan hijrah, makin habis deh para dedengkot dan master T_T. Oiya, resep untuk mie dan pasta yang dipraktekkan ketika kopdar saya posting terpisah, disini ya.

Terlalu banyak fotografer, jadi pada ga fokus deh matanya, hi..hi..hi..

2 comments:

  1. Mbak, pngn member hhbf gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ary, bisa join di grup facebook: homemade healthy baby food :)

      Delete