Monday, June 17, 2013

Lasagna

Pas training ke Yogyakarta bulan kemarin, akhirnya nemu lasagna sheet merk San Remo di Hero Malioboro, ndeso banget yah nyari lasagna sheet aja sampai ke Yogya, hi..hi..hi..Berhubung untuk membuat lasagna ini membutuhkan modal yang cukup besar, jadi cari momen yang pas. Nah, kemarin itu pas banget nasi dirumah lagi habis, ada stok daging giling cuma seperempat kilo, ada sisa keju cheddar setengah bar, dan ngembat beberapa kotak susu UHT Afa dan Thia *ini mah dipas-pasin, he..he..he..*

Di kotak petunjuknya sebenarnya lasagna sheet-nya tidak perlu direbus dulu, tapi berdasarkan pengalaman beberapa teman yang sudah praktek menggunakan merk San Remo ini, kalau lasagna sheet-nya tidak benar-benar terendam saus bologneise hasil akhir teksturnya masih alot. Lihat stok daging yang minimalis plus tomat ukurannya mini-mini, akhirnya si lasagna sheet saya rebus sebentar sampai agak lemas.




Lasagna
Resep asli: Elly Zein NCC

Bahan:
250 gr lasagna sheet, olah sesuai petunjuk pada kemasan --> harusnya ready to use, tapi saya kemarin direbus sebentar sampai agak lemas.

Saus bologneise:
500 gr daging giling/cincang --> saya hanya 250 gr
1 buah wortel ukuran sedang, potong/cincang kasar
1 buah bawang bombay berukuran sedang, cincang kasar
1 siung bawang putih, keprek, cincang halus --> saya pakai 2 siung
7 buah tomat, rebus sebentar, kupas kulitnya, blender
170 gr pasta tomat --> skip
5 sdm saus tomat --> skip
1 sdt oregano
1/2 sdt basil bubuk
1 sdt kaldu ayam instan --> skip
1 sdt garam
2 sdm gula pasir --> saya hanya 1 sdm
3 sdm minyak untuk menumis --> saya pakai margarin
300 ml air --> saya hanya 200 ml

Saus putih:
1000 ml susu cair --> saya pakai 200 ml whipped cream + 600 ml susu UHT
250 gr keju cheddar parut --> saya hanya 120 gr
3 sdm mentega
3 sdm tepung terigu
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk --> skip
1/2 sdt garam

Taburan:
250 gr mozarella, parut --> saya hanya 100 gr

Cara membuat:

  1. Saus bologneise: tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan wortel, aduk rata. Masukkan daging giling, aduk-aduk sampai daging berubah warna. Tambahkan tomat yang sudah diblender, aduk rata. Tambahkan oregano, basil, gula dan garam. Tuang air, masak sampai air menyusut separuhnya. Angkat, sisihkan.
  2. Saus keju: panaskan mentega hingga mencair, tambahkan tepung terigu. Aduk terus jangan sampai menggumpal, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk jangan sampai bergerindil. Tambahkan merica dan garam. Masukkan keju parut, aduk rata. Masak dengan api kecil sampai mengental. Angkat, sisihkan.
  3. Penyelesaian: Tuang saus bologneise di dasar pinggan/loyang, ratakan sampai menutupi dasar pinggan. Tata lasagna sheet diatas saus bologneise, tuangi dengan saus putih sampai menutupi semua lasagna sheet. Tata lagi lasagna sheet, tuang dengan saus bologneise, lakukan selang-seling dengan saus putih, sampai semua lasagna dan saus habis. Terakhir taburi dengan keju mozarella. Panggang selama 30 - 40 menit, lakukan tes tusuk untuk uji kematangan.




Fotonya agak buram, karena bikinnya memang untuk makan malam, trus lapisan saus bologneisenya tipiis banget mengingat pemakaian daging yang minimalis, he..he..he..Dik Thia doyan, kak Afa ga melirik sedikit pun, apalagi ada aroma oregano tambah eneg dia. Satu resep ini jadinya banyak banget, dimakan 3 orang dewasa dan satu batita masih nyisa setengah loyang. Akhirnya disantap buat sarapan, dipanasin dulu pakai happycall, rasanya masih maknyus!

No comments:

Post a Comment