Sunday, July 14, 2013

Putri Salju

Hari raya Idul Fitri memang masih lama, shaum ramadhan pun baru berjalan beberapa hari. Tapi tidak ada salahnya kan nyicil bikin kue kering, apalagi saya kerja jadi bikin kue kering ini hanya bisa dikerjakan pas wiken.

Kue putri salju ini kesukaan kakak Afa dan ibunya  jadi must items yang harus dibikin. Sebenernya sama halnya dengan membuat kue kering yang lain, cara membuat putri salju ini juga cukup mudah, tetapi agak ribet karena setelah matang harus segera dibalur dengan gula halus dan gula donat agar bisa nempel kayak salju si gulanya.




Putri Salju
Resep asli: NCC

Bahan:
250 gr mentega
100 gr gula halus
200 gr kacang mente, panggang, haluskan --> saya hanya pakai 125 gr
250 gr terigu protein rendah --> saya pakai 325 gr kunci biru

Bahan taburan:
150 gr gula halus
gula donat secukupnya

Cara membuat:

  1. Kocok mentega dan gula halus sampai berwarna pucat (saya kocok kurang lebih 5 menit), masukkan kacang mente, kocok rata, masukkan terigu, kocok rata.
  2. Simpan adonan di dalam kulkas selama 30 menit.
  3. Keluarkan adonan dari kulkas, gilas adonan menggunakan rolling pin dengan ketebalan sesuai selera, cetak menggunakan cetakan bulan sabit (saya pakai cetakan bentuk hati), tata di atas loyang datar, panggang sampai berwarna kecoklatan (selama 20 menit pada suhu 150ÂșC).
  4. Angkat, segera balur dengan gula halus, lanjutkan dengan dibalur gula donat sampai keseluruhan berwarna putih, simpan di toples tertutup.




Oiya, putri salju ini kalau gulanya tidak segera dibalurkan nanti hasilnya ga akan bisa nempel dengan baik, jadi begitu matang harus segera dibalur gula.

No comments:

Post a Comment