Sunday, July 7, 2013

(Unbaked) Strawberry Cheesecake

Dalam rangka sok-sok pingin bikin cake untuk anniversary ke-6, akhirnya pilihan jatuh ke cake mahal  Strawberry cheesecake yang berjenis unbaked alias tidak perlu dipanggang.

Googling resepnya ada beberapa versi, saya pilih resep mbak Dida, nyontek plek resepnya ga ada modifikasi eh kecuali jeruknya ding, ga punya jeruk lemon jadi pake jeruk nipis aja. Selai stroberinya bikin sendiri alias homemade, resepnya ada disini



Unbaked Strawberry Cheesecake
Resep asli: dapur dida

Bahan crust:
250 gr oreo tanpa filling, haluskan
50 gr almond sangrai, haluskan
140 gr unsalted butter, lelehkan

Bahan cheesecake:
400 gr cream cheese, biarkan suhu ruang --> saya pakai merk Anchor
50 gr butter
1/4 sdt garam
150 gr white cooking chocolate, lelehkan
400 ml whipped cream cair, kocok setengah mengembang
50 gr gula halus, ayak
4 lembar/12 gr gelatin halal
50 ml air panas
1 sdm air jeruk nipis

Topping:
100 gr selai strawberry homemade
50 ml air putih
buah stroberi untuk hiasan

Cara membuat:

  1. Crust/alas cake: Siapkan loyang bongkar pasang diameter 22 cm olesi alas dan pinngirannya dengan mentega tipis-tipis, campur menjadi satu oreo dan mentega cair, aduk rata. Tambahkan almond, aduk rata. Tuang dan ratakan pada alas loyangnya sambil ditekan-tekan dengan sendok agar memadat. Simpan didalam freezer.
  2. Campur gelatin dengan air panas, tim hingga larut dan bening, dinginkan dan sisihkan. Dalam sebuah wadah, kocok cream cheese, mentega dan garam hingga lembut, tambahkan coklat putih leleh, gula bubuk, dan gelatin, kocok rata. Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata. Masukkan whipped cream sedikit demi sedikit, kocok rata dengan speed mikser rendah.
  3. Ambil 4-5 sendok makan adonan cream cheese, beri 1 sendok makan selai stroberi, aduk rata, sisihkan.
  4. Tuang sebagian adonan cream cheese keatas crust, ratakan tambahkan dengan adonan no.3 (cream cheese + selai), ratakan, terakhir tuang sisa adonan cream cheese, ratakan. Simpan di dalam freezer semalaman.
  5. Jika sudah beku, lepaskan pinggiran loyang bongkar pasang, hias atasnya dengan topping dan stroberi segar.

Cheese cake ini bener-bener enak, ga sia-sia harus gedabrukan membuat dapur berantakan karena bikinnya serba cepet-cepet. Meskipun cake anniversary, tapi tetep aja si doi (alias ayahnya anak-anak) ga begitu doyan cake kayak gini. No problemo, yang penting krucils dan emaknya doyan, mari kita habiskan sendiri, nyam-nyam...


No comments:

Post a Comment