Tuesday, November 13, 2012

American Risoles

Merupakan salah satu isi snack box yang dibagikan ke tetangga ketika ulang tahun dik Thia bulan kemarin. Bikinnya lumayan gampang, meski untuk membuat kulit risolesnya agak tricky. Karena jika terlalu kental adonannya, kulitnya akan tebal dan ketika digulung mudah patah, sedangkan jika adonan terlalu encer, bentuk kulitnya juga jadi kurang bagus.



Resep aslinya dari websitenya NCC, tapi saya modifikasi sedikit disesuaikan dengan selera saya ^_^

American Risoles
Sumber: NCC

Bahan:
Bahan kulit:
100 gr Tepung terigu
1 sdt Garam
3 btr Telur --> saya hanya 2 butir
250 ml Susu cair --> saya hanya 200 ml UHT ultra plain
1 sdm Mentega, lelehkan
margarine untuk olesan

Cara membuat:
1. Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama garam. Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
2. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
3. Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.*saya langsung dibuat, tidak didiamkan dulu*.
4. Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan.
5. Tuangi 1 sendok adonan *saya menggunakan sendok sayur*, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Bahan isi :
4 lbr Smoked beef, potong kecil 1 x 3 cm
100 gr Keju cheddar parut --> saya kemarin dipotong kotak memanjang, pakai quickmelt.
4 btr Telur rebus, potong kecil
1 butir Telur, kocok lepas.
250 gr Tepung panir --> saya pakai bread crumbs merk mamasuka
500 gr Minyak goreng

Penyelesaian :

Bentangkan kulit, isi dengan potongan smoked beef, potongan telur rebus, sedikit keju parut, lipat spt amplop. Sisihkan. Lakukan hingga kulit habis.
Celupkan risoles isi kedalam telur kocok, lalu gulingkan dalam tepung panir.
Simpan dalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
Goreng hingga kuning kecoklatan
Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.




Untuk satu resep ini kemarin jadi sekitar 12 biji.

No comments:

Post a Comment