Saturday, February 16, 2013

Siomay Ala Bandung

Sejak tinggal dan menetap di Gresik, belum pernah menemukan siomay bandung yang pas menurut lidah kami. Kalau ga siomaynya yang alot, saos kacangnya juga terasa beda.

Akhirnya coba-coba bikin sendiri, bikin adonan isinya cepet, yang lama pas bungkus satu-satu pake kulit pangsitnya. Jadinya si siomay bentuknya ga bisa cantik, karena bikinnya buru-buru direcokin krucils.



Siomay Bandung
Resep asli: www.resepnugraha.net

Bahan:
20 lembar kulit pangsit
tahu putih
kentang, kukus kemudian kupas kulitnya dan belah sesuai selera
Bahan isi, campur menjadi satu:
300 gr ayam, cincang halus --> saya giling halus
300 gr udang, kupas, cincang halus --> saya giling halus
150 gr tepung kanji --> saya pakai campuran 100 gr kanji + 50 gr sagu
5 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdm saos tiram
1 sdm minyak wijen
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica halus
1/2 sdt kaldu ayam bubuk --> saya skip
1 butir telur

Saos kacang:
4 siung bawang putih, tumis layu
2 siung bawang merah, tumis layu
4 buah cabe merah besar, tumis layu
cabe rawit sesuai selera, tumis layu
250 gr kacang tanah goreng
8 butur kemiri, sangrai
cuka, garam dan gula secukupnya
100 ml air
jeruk limau

Cara membuat:
  1. Siomay: isi kulit pangsit dengan bahan isi, bentuk seperti mangkuk (letakkan kulit pada cetakan muffin, baru isi supaya lebih mudah)
  2. Tahu: belah menjadi empat, keruk bagian tengahnya, isi dengan bahan isi
  3. Kukus semua bahan sampai matang, sajikan dengan saos kacang dan kecap manis
  4. Saos kacang: haluskan semua bahan kecuali air dan jeruk limau. Panaskan wajan, lalu tumis bahan yang sudah dihaluskan sambil dituangi air, masak sampai matang. Angkat dari api, lalu beri perasan jeruk limau
Hasil jadi punya saya saos kacangnya kental banget, entah dimana salahnya padahal ngikuti resepnya plek-ketiplek. Akhirnya saya tambahkan air matang sampai terbentuk konsistensi saos yang diinginkan.


No comments:

Post a Comment