Saturday, February 16, 2013

Chiffon Ketan Hitam

Setelah ikut kopdar HHBF Surabaya, akhirnya punya keberanian membuat chiffon cake. Bukan apa-apa, selama ini sudah sering baca tentang tips dan trik membuat cake jenis ini, tapi kalau belum melihat sendiri cara membuatnya yang benar jadi mundur teratur *telur lagi mahal cyinn!*.

Resep saya ambil dari buku NCC, didalam buku ini ada beberapa resep chiffon, berhubung stok tepung ketan hitam belum habis-habis akhirnya saya eksekusi yang chiffon ketan hitam.

Eh ndilalah kok ya pas  mau ambil otang di pojokan dapur, ada binatang yang bikin senewen keluar, yaitu 2 ekor tikus yang ngendon dibelakang kardus otang saya, grgrghhh!  But show must go on, yangti dan suami berburu tikus saya lanjut baking ^_^.

Chiffon Ketan Hitam
Resep by Buku 60 Resep Cake dan Cookies Anti Gagal NCC

Bahan A:
160 gr kuning telur
75 gr gulankastor
1 sdt vanili bubuk

Bahan B:
240 gr putih telur
125 gr gula kastor
1 sdt garam

Bahan C:
50 gr tepung terigu protein sedang
100 gr tepung ketan hitam
1 sdt baking powder dobel action --> saya skip

Bahan D:
150 ml santan kental instan --> saya pakai yang segar
3 sdm minyak sayur

Cara membuat:
  1. Kocok bahan A hingga kental, sisihkan. Di baskom lain, kocok bahan B hingga kaku * saya sampai soft peak*
  2. Tuang adonan B ke dalam adonan A secara bertahap sambil diaduk sampai rata.
  3. Ayak bahan C, tuang ke dalam adonan pertama, aduk rata. Tuang bahan D, aduk balik hingga rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang chiffon yang telah dialas kertas roti, panggang dalam oven dengan suhu 150ÂșC, selama 90 menit sampai matang.
  5. Angkat, balikkan loyang, bisa disangga dengan tutup botol atau kaki-kaki loyang.
  6. Biarkan dalam keadaan terbalik sampai dinhim.
  7. Setelah dingin, jalankan pisau tipis disekeliling loyang dengan gerakan lurus. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate atau pisau tipis. Balik ke atas rak kue, potong-potong, sajikan.
Meski hasilnya gak mumbul cantik, agak bantat malahan (pengaruh pengaturan api kompor yang tidak pas), tapi laku keras euy, hi..hi..si krucils doyan banget. Well, selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment