Saturday, March 2, 2013

Purple Oat Brownies (Brownies Ubi Ungu)

Namanya keren banget ya... ^_^

Masih dalam rangka menghabiskan ubi ungu bawaan mama dari Madiun. Kali ini diolah menjadi brownies. Bedanya apa ya dengan cake yang sebelumnya? Beda di tekstur dan cara membuatnya. Kalau brownies kan pakemnya adalah cake yang bantat, jadi cara membuatnya si adonan tidak perlu dikocok sampai mengembang dan jambul petruk.

Karena ingin gluten free, jadi penggunaan tepung terigu saya substitusi dengan oatmeal. Cekidot resepnya yah.


Purple Oat Brownies

Bahan:
150 gr ubi ungu, kukus, hangat-hangat haluskan
100 gr oatmeal, blender
200 gr white cooking chocolate (WCC) --> bisa diganti dengan DCC
100 gr minyak goreng --> revisi takaran sebelumnya 150 gr
4 butir telur
100 gr gula pasir
Kacang almond untuk taburan

Cara membuat:
  1. Panaskan oven, siapkan loyang ukuran 30x10x4 cm, olesi dengan margarin dan beri sedikit taburan tepung terigu, sisihkan.
  2. Lelehkan WCC, masukkan minyak goreng sambil diaduk sampai rata. Masukkan ubi ungu kukus, aduk rata (bentuk adonan akan mengental)
  3. Kocok lepas telur dan gula pasir (tidak perlu sampai mengembang), masukkan campuran WCC, minyak goreng dan ubi ungu ke dalam adonan telur.
  4. Tuang adonan kedalam loyang, taburi dengan kacang almond (lumuri kacang almond dengan sedikit tepung agar tidak tenggelam di dasar loyang). Panggang dengan api sedang cenderung tinggi (maklum otang tanpa termometer, ga tahu suhu pastinya, he..he..) selama 30 menit.


Duo krucils doyan banget, tapi menurut lidah saya agak kemanisan. Bagi yang tidak suka terlalu manis takaran gulanya bisa dikurangi. Oiya, karena menggunakan oatmeal tekstur browniesnya ketika baru matang memang agak rapuh, jadi hati-hati ketika mengeluarkan dari loyang dan sebaiknya dinikmati ketika sudah dingin.

Postingan ini saya sertakan ke event masak bareng yuuk, deg-degan baru ikutan nih ^_^


No comments:

Post a Comment