Wednesday, January 16, 2013

Muffin Coklat (tanpa mikser, tanpa baking powder)

Hari senin biasanya jadi hari paling sibuk dalam satu minggu *lebay* karena setelah bersantai-santai di sabtu-minggu, harus memulai rutinitas terstruktur di hari senin. Biasanya yang bikin semua serba kejar tayang, karena kak Afa masuk jam 07.00 dan diantar ibu, yang artinya jam 06.30 sudah harus cabut dari rumah *tapi seringnya jam 06.50 baru berangkat, ini mah si maknya yang bikin telat!*

Nah karena minggu ini ayah ada jadwal kerja di Surabaya, yang berarti bisa mengantar kakak berangkat sekolah, ibu bisa sedikit bersantai. Akhirnya bikin deh cemilan yang gampang dan ga pakai ribet harus mengeluarkan mikser *meski masih ada ribetnya, karena harus bongkar-bongkar kardus otang dan naruh si otang di kompor*

Rasanya nyoklat banget dan moist, tapii sedikit kemanisan menurut lidah saya.


Muffin Coklat
Sumber: Milis NCC, dengan sedikit modifikasi

Bahan A:
200 gr Mentega --> saya pakai yang unsalted
130 gr Air
100 gr Minyak goreng
50 gr DCC

Bahan B:
200 gr Terigu
40 gr Coklat bubuk
30 gr Maizena
Campur semua bahan B, ayak

5 butir telur, kocok lepas
200 gr gula pasir
¼ sdt garam
100 gr coklat chips


Cara Membuat:
  1. Dalam panci masukkan semua bahan A, rebus sampai mendidih.
  2. Masih diatas kompor, masukkan campuran bahan B ke dalam adonan bahan A sambil diaduk terus, masak sampai kalis, matikan api. Dinginkan adonan.
  3. Setelah campuran adonan diatas dingin, masukan telur sambil diaduk rata. Kemudian masukkan gula pasir dan garam, aduk rata.
  4. Terakhir masukkan coklat chips (sisakan sedikit untuk dijadikan taburan diatas muffin).
  5. Tuang kedalam cup kertas sampai ¾ bagian terisi (karena tidak menggunakan baking powder dan baking soda saya mengisi sampai hampir penuh), taburi sisa coklat chips. Panggang di suhu tinggi (otang saya termometernya rusak, jadi tidak tahu pasti suhunya), kurang lebih 35 menit, lakukan tes tusuk (dengan tusuk gigi atau tusuk sate) jika tidak ada adonan basah yang menempel berarti muffin sudah matang.
Hasil jadi: 14 cup

No comments:

Post a Comment